Kisi - Kisi Soal Un Bahasa Indonesia Smp Dan Mts 2019 Lengkap

Kisi-kisi Soal UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama serta MTs yang kami bagikan ini merupakan kisi-kisi resmi yang sudah dikeluarkan oleh badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melewati surat edaran Nomor 0075/SDAR/BSNP/XII/2016 mengenai Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun temuan 2018/2019



Kisi-kisi inimencakup tiga tahap koknitive ( Pengetahuan serta Pemahaman/ Aplikasi/ penalaran) serta lima lingkup bahan (Membaca Nonsastra/ Membaca Satra/ Menulis Terbatas/ Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf/ Menyunting Ejaan serta tanda-tanda Baca)

Kami juga menyediakan link download Kisi-kisi Soal UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2019 dalam format PDF. Bagi yang berminat link sanggup ditemukan di simpulan makalah ini

Berikut Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2019

A. Aspek Pengetahuan dan Pemahaman (Mengidentifikasi, Menentukan, Memaknai)

a. Membaca Non Sastra
Siswa dapat
  1. menentukan  makna kata/kalimat  pada teks
  2. menentukan  gosip tersurat teks
  3. menentukan  potongan teks

b. Membaca Sastra
Siswa dapat:
  1. menentukan  makna kata dalam cerpen dan fabel
  2. menentukan  makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  3. menentukan  potongan cerpen dan fable

c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
  1. melengkapi  istilah/kata dalam kalimat

d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
  1. menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
  2. menunjukkan  kalimat yang tidak sesuai kaidah

e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
  1. menunjukkan kesalahan penggunaan  ejaan
  2. menunjukkan kesalahan penggunaan  tanda baca


B. Aspek Aplikasi (Menyimpulkan, Menggunakan konsep/prinsip)

a. Membaca Non Sastra
Siswa dapat
  1. menentukan  pandangan gres pokok teks
  2. menyimpulkan  isi teks
  3. menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
  4. meringkas  isi teks

b. Membaca Sastra
Siswa dapat
  1. menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  2. menyimpulkan  isi tersirat dalam cerpen/fabel
  3. menyimpulkan sebab/akibat konflik

c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
  1. menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
  2. melengkapi  paragraf
  3. melengkapi  potongan teks (eksposisi, deskripsi,  ulasan,  dan lain-lain)

d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
  1. menggunakan  kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
  2. mengisi  konjungsi dalam kalimat

e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
  1. menggunakan ejaan
  2. menggunaan  tanda baca


C. Aspek Penalaran (Mengevaluasi, Membandingkan rujukan (menganalisis), Menanggapi, Memvariasikan)

a. Membaca Non Sastra
Siswa dapat
  1. membandingkan penggunaan  bahasa dan rujukan penyajian beberapa jenis teks Membaca Sastra
  2. Siswa sanggup menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  3. menyimpulkan  isi tersirat dalam cerpen/fabel
  4. menyimpulkan sebab/akibat konflik
  5. menilai keunggulan/ kelemahan  teks
  6. mengomentari isi teks

b. Membaca Sastra
Siswa dapat
  1. membandingkan rujukan pengembangan cerpen dan fabel
  2. membandingkan penggunaan  bahasa cerpen/fabel
  3. menunjukkan  bukti latar dan watak
  4. mengomentari unsure intrinsik  karya sastra

c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
  1. memvariasikan  kata
  2. memvariasikan kalimat
  3. menulis  dengan ilustrasi  tertentu
  4. mengubah  teks ke bentuk lain

d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
  1. memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,  dan ketidak paduan paragraph
  2. menentukan  alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat,  dan ketidak paduan paragraf

c. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
  1. memperbaiki kesalahan penggunaan  ejaan
  2. memperbaiki kesalahan penggunaan  tanda baca
  3. menentukan  bantalan an kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca


Related Posts

Post a Comment