Kisi-kisi inimencakup tiga tahap koknitive ( Pengetahuan serta Pemahaman/ Aplikasi/ penalaran) serta lima lingkup bahan (Membaca Nonsastra/ Membaca Satra/ Menulis Terbatas/ Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf/ Menyunting Ejaan serta tanda-tanda Baca)
Kami juga menyediakan link download Kisi-kisi Soal UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2019 dalam format PDF. Bagi yang berminat link sanggup ditemukan di simpulan makalah ini
Berikut Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2019
A. Aspek Pengetahuan dan Pemahaman (Mengidentifikasi, Menentukan, Memaknai)
a. Membaca Non SastraSiswa dapat
- menentukan makna kata/kalimat pada teks
- menentukan gosip tersurat teks
- menentukan potongan teks
b. Membaca Sastra
Siswa dapat:
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan potongan cerpen dan fable
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
- melengkapi istilah/kata dalam kalimat
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
B. Aspek Aplikasi (Menyimpulkan, Menggunakan konsep/prinsip)
a. Membaca Non SastraSiswa dapat
- menentukan pandangan gres pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
- meringkas isi teks
b. Membaca Sastra
Siswa dapat
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
- menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
- melengkapi paragraf
- melengkapi potongan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
- menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
- mengisi konjungsi dalam kalimat
e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
- menggunakan ejaan
- menggunaan tanda baca
C. Aspek Penalaran (Mengevaluasi, Membandingkan rujukan (menganalisis), Menanggapi, Memvariasikan)
a. Membaca Non SastraSiswa dapat
- membandingkan penggunaan bahasa dan rujukan penyajian beberapa jenis teks Membaca Sastra
- Siswa sanggup menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
- menilai keunggulan/ kelemahan teks
- mengomentari isi teks
b. Membaca Sastra
Siswa dapat
- membandingkan rujukan pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
- menunjukkan bukti latar dan watak
- mengomentari unsure intrinsik karya sastra
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
- memvariasikan kata
- memvariasikan kalimat
- menulis dengan ilustrasi tertentu
- mengubah teks ke bentuk lain
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidak paduan paragraph
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidak paduan paragraf
c. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
- menentukan bantalan an kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Post a Comment
Post a Comment