Kegiatan Eksplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran, terdapat kegiatan Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Ketiga kegiatan tersebut merupakan rancangan dan proses pembelajaran di sekolah yang harus dikuasai oleh para guru.  Setiap guru tidak lepas dari kegiatan mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi ketika mengadakan proses berguru mengajar, apapun kurikulum yang digunakan.

 Ketiga kegiatan tersebut merupakan rancangan dan proses pembelajaran di sekolah yang haru Kegiatan Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran
Kegiatan Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran


Tanpa disadari, seorang guru gotong royong ketika mengajar telah mengaplikasikan ketiga kegiatan tersebut, namun terkadang sebagian guru belum paham dengan pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi sehingga diadakan sosialisasi maupun training wacana kegiatan tersebut.

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, disebutkan pengertian ketiga istilah tersebut, yaitu:

  1. Eksplorasi dalam pendidikan ialah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman gres dari situasi yang baru.
  2. Elaborasi ialah penggarapan (pengerjaan) secara tekun dan cermat.
  3. Konfirmasi ialah pembenaran, penegasan, dan pengesahan

Sedangkan pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam proses pembelajaran ialah sebagai berikut :

Eksplorasi

Kegiatan eksplorasi ialah kegiatan dalam mencari dan menghimpun isu dengan memakai media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi penerima didik berinteraksi sehingga siswa (peserta didik) aktif, mendorong siswa mengamati aneka macam gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan tanda-tanda pada insiden lain, mengamati objek di lapangan dan laboratorium.

Peran guru dan siswa (peserta didik) dalam siklus eksplorasi 

Peran siswa :

  1. membaca, berdiskusi, atau melaksanakan percobaan
  2. mengumpulkan dan mengolah data

Peran Guru :

  1. menggunakan aneka macam pendekatan dan media
  2. memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan sumber belajar
  3. melibatkan siswa secara aktif

Elaborasi

Kegiatan klarifikasi terperinci ialah kegiatan membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan wacana sesuatu, membangun janji melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan penerima didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.

Peran guru dan siswa (peserta didik) dalam siklus elaborasi 

Peran siswa :

  1. melaporkan hasil eksplorasi secara verbal atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
  2. menanggapi laporan atau pendapat teman
  3. mengajukan argumentasi dengan santun

Peran Guru :

  1. memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis, menganalisis, memecahkan masalah,
  2. bertindak tanpa rasa takut
  3. memfasilitasi siswa untuk berkompetisi

Konfirmasi 

Kegiatan konfirmasi, ialah kegiatan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan siswa melalui pengalaman belajar, memperlihatkan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil berguru dengan memakai teori yang dikuasai guru, menambah isu yang seharusnya dikuasai penerima didik, mendorong penerima didik untuk memakai pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpercaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi berguru semoga lebih bermakna.

Setelah memperoleh keyakinan, maka siswa mengerjakan tugas-tugas untuk menghasilkan produk berguru yang konkrit dan kontekstual. Guru membantu siswa menuntaskan duduk kasus dan menerapkan ilmu dalam acara yang aktual dalam kehidupan sehari-hari.

Peran guru dan siswa (peserta didik) dalam siklus konfirmasi

Peran siswa :

  1. melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya

Peran Guru :

  1. memberi umpan balik positif kepada siswa
  2. memberi konfirmasi melalui aneka macam sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
  3. berperan sebagai narasumber dan fasilitator
  4. memberi pola semoga siswa melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi
  5. memberi motivasi kepada siswa

Pencarian yang populer
  • contoh eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam rpp
  • eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam ktsp
  • pengertian eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam kegiatan inti pembelajaran
  • pengertian klarifikasi terperinci berdasarkan para ahli
  • eksplorasi dalam rpp
  • contoh kalimat elaborasi
  • pengertian eksplorasi dan eksploitasi
  • contoh eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam rpp matematika

Related Posts

Post a Comment