Jadwal Utbk Tahun 2019 (Jadwal Registrasi Dan Tes Utbk Tahun 2019)

Jadwal UTBK Tahun 2019 (Jadwal Pendaftaran Tes UTBK Tahun 2019 dan Tes UTBK Tahun 2019). Sebagaimana diketahui mulai tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 yakni wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).  UTBK sanggup diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. UTBK memakai soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua aktivitas studi.

Pelaksana UTBK dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT yakni satu-satunya forum penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT antara lain: tes dilakukan lebih dari 1 (satu) kali, penerima mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari sehabis pelaksanaan tes.

Adapun Tujuan UTBK yakni : a) Memprediksi calon mahasiswa yang bisa menuntaskan studi di perguruan tinggi dengan baik dan sempurna waktu. b) Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam menentukan waktu dan lokasi tes.

Bagi yang ingin menerima SBMPTN 2019 tentu bertanya-tanya kapan Jadwal resmi UTBK Tahun 2019 (Jadwal Pendaftaran Tes UTBK Tahun 2019 dan Tes UTBK Tahun 2019). Sebelum membahas jadwal berikut ini Ketentuan Umum UTBK 2019, yakni Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal 2 (dua) kali, dengan ketentuan sebagai berikut: a) UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali. b) Minggu ke-1 dan ke-2 (13 April 2019 s.d. 28 April 2019) hanya diperuntukkan bagi penerima tes pertama. c) Apabila penerima mengikuti tes 2 (dua) kali, tes kedua  dapat diikuti paling cepat ahad ke-3.

Persyaratan mengikuti UTBK 2019 yakni sebagai berikut.
·          Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019.
·          Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan2018.
·          Membayar biaya UTBK.

Berikut ini warta Jadwal resmi UTBK Tahun 2019 (Jadwal Pendaftaran Tes UTBK Tahun 2019 dan Tes UTBK Tahun 2019. Jadwal UTBK 2019 meliputi penyelenggaraan, kegiatan, dan pelaksanaan UTBK yakni sebagai berikut.
1) Penyelenggaraan UTBK 2019:
·            Pada hari Sabtu dan Minggu, sebanyak 10 kali.

·            Setiap hari terdapat dua sesi tes, yaitu pagi dan siang sebanyak 20 sesi (kecuali hari libur nasional).

2) Jadwal kegiatan UTBK 2019 yakni sebagai berikut:


 persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  JADWAL UTBK TAHUN 2019 (JADWAL PENDAFTARAN DAN TES UTBK TAHUN 2019)

·            Jadwal Pendaftaran UTBK 2019 :
01 Maret – 01 April 2019
·            Jadwal Pelaksanaan Tes UTBK 2019 :
13 April – 26 Mei 2019
·            Pengumuman Hasil Tes  UTBK 2019 :
paling lambat 10 hari sehabis pelaksanaan UTBK.

3)  Berikut Jadwal Lengkap Pelaksanaan (Tes) UTBK 2019 :

 persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  JADWAL UTBK TAHUN 2019 (JADWAL PENDAFTARAN DAN TES UTBK TAHUN 2019)

Tahapan mengikuti UTBK 2019 yakni sebagai berikut.
·          Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSNuntuk mendapatkan username dan password. (link belum sanggup diakses sebab registrasi belum dibuka)
·          Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, menentukan jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
·          Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
·          Melakukan login ke laman registrasi di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu penerima UTBK.
·          Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih. 

Jenis Tes UTBK 2019
·          UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap penerima ujian.
·          TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan daypikir dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini mencakup kemampuan daypikir umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.
·          TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan dibutuhkan seseorang supaya sanggup berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait eksklusif dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kelompok ujian pada UTBK 2019 dibagi menjadi:
·          Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan bahan ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
·          Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan bahan ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).
·          Setiap penerima sanggup menentukan kelompok ujian Saintek dan/atau Soshum.

Ketentuan mengenai biaya UTBK yakni sebagai berikut :
·          Biaya yang ditanggung oleh penerima yakni sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) setiap mengikuti tes.
·          Biaya UTBK sanggup dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.
·          Biaya yang sudah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apa pun.
·          Calon penerima Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

Demikian warta wacana Jadwal resmi UTBK Tahun 2019 (Jadwal Pendaftaran Tes UTBK Tahun 2019 dan Tes UTBK Tahun 2019. Semoga bermanfaat, terima kasih.





= Baca Juga =



Related Posts

Post a Comment