Pengertian Komunitas, Manfaat, Bentuk Komunitas Dan Pola Komunitas Sosial

Berbicara mengenai komunitas, hal pertama yang muncul di benak penulis yaitu kelompok atau pun perkumpulan tertentu. Ya, komunitas memang merupakan salah satu bentuk kelompok yang sengaja dibuat dengan tujuan tertentu.

 hal pertama yang muncul di benak penulis yaitu kelompok atau pun perkumpulan tertentu Pengertian Komunitas, Manfaat, Bentuk Komunitas dan Contoh Komunitas Sosial
Pengertian Komunitas, Manfaat, Bentuk Komunitas dan Contoh Komunitas Sosial
Pada dasarnya, hampir semua orang di dunia ini tergabung ke dalam komunitas tertentu. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang tergabung ke dalam komunitas, ternyata masih banyak orang yang tidak memahami arti kata komunitas yang sebenarnya. Kebanyakan orang-orang ini biasanya merupakan orang yang tidak aktif di dalam komunitas yang mereka ikuti.

Lantas apa sih sesungguhnya komunitas itu?


Definisi dan Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Soenarno
Menurut Sonarno, komunitas merupakan sebuah identifikasi & interaksi sosial yang dibuat dengan aneka macam dimensi kebutuhan fungsional.

Hendro Puspito
Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas yaitu suatu kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari sekelompok individu yang menjalankan kiprahnya masing-masing secara berkaitan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt
Menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt, komunitas merupakan kumpulan insan yang mempunyai kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi satu sama lainnya.

Menurut Crow and Allan, Komunitas sanggup dibagi menjadi tiga komponen :

Berdasarkan lokasi atau tempat
Daerah atau tempat komunitas sanggup dilihat sebagai tempat di mana sekelompok orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis. Dan mengenal satu sama lain sehingga membuat interaksi dan berkontribusi terhadap lingkungan.

Berdasarkan Minat
Sekelompok orang yang membentuk komunitas alasannya mereka mempunyai kepentingan yang sama dan kepentingan, ibarat agama, pekerjaan, suku, ras, hobi atau menurut gangguan seksual.

Kepentingan berbasis masyarakat mempunyai jumlah terbesar alasannya meliputi aneka macam aspek, untuk pecinta animasi contohnya masyarakat sanggup berpartisipasi dalam aneka macam acara yang berkaitan dengan animasi, ibarat menggambar, mengumpulkan action figure atau film.

Berdasarkan Komuni

Komuni sanggup berarti inspirasi dasar yang sanggup mendukung masyarakat itu sendiri.

Secara umum, definisi komunitas yaitu pertemuan dari beberapa orang untuk membentu sebuah organisasi yang mempunyai kepentingan bersama.

Komunitas sanggup berupa wilayah atau fungsional. Selain komunitas istilah sanggup merujuk pada arti penduduk di kota, desa atau bahkan negara. Seperti kita ketahui penduduk perkotaan juga mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk sanggup tinggal dan hidup di kota.

Berbicara secara umum perihal masyarakat kita hidup beripikiran bahwa masyarakat yaitu sekelompok orang yang berkumpul alasannya mereka mempunyai visi dan misi yang sama. Beberapa jago juga berbicara rasa mengernai masyarakat. Pertimbangkan penuturan para jago berikut:

Menurut George Hillery Jr.
Komunitas yaitu sekelompok orang yang tinggal di tempat dan mempunyai korelasi untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Menurut Christensson dan Robinson
Menurut kami, Komunitas yaitu orang-orang yang tinggal di darah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan mempunyai ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan tempat tempat tinggal.

Menurut Fairi
Komunitas yaitu hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil dan terlibat di tempat yang ditunjuk.

Menurut Zakapedia
Komunitas yaitu kumpulan dari aneka macam populasi yang hidup pada suatu waktu dan tempat tertentu yang berinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas mempunyai tingkat integrasi yang lebih kompleks daripada individu dan populasi. Dalam masyarakat, semua organisme merupakan bab dari masyarakat dan antarkomponennya saling bekerjasama melalui keragaman interaksi mereka.

Tempat binatang atau flora yang disebut habitat. Aktivitas organisme dalam pemanfaatan sumber daya alam dan bagaimana sumber daya dan bagaimana organisme alami menghipnotis organisme lain, berkaitan dengan niche atau ceruk. Ekologi Charles Elton menjelaskan relung ekologis dari suatu organisme sebagai jabatan fungsional di masyarakat.

Menurut Vanina Delobelle
Komunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang mempunyai kepentingan bersama, komunitas yang dibuat oleh empat faktor:

Keinginan untuk menyebarkan dan berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama
Basecamp atau wilayah di mana mereka biasanya berkumpul
Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir

Manfaat Komunitas

Seperti halnya aneka macam macam bentuk kelompok lainnya, pembentukan komunitas juga mempunyai beberapa manfaat kepada para anggotanya, ibarat beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Media Penyebaran Informasi – manfaat yang pertama yaitu sebagai media penyebaran informasi. Di komunitas, setiap anggota yang tergabung sanggup saling bertukar isu (baik membagikan atau pun menerima) yang terkait dengan tema komunitas yang terbentuk.
  2. Terbentuk Jalinan/Hubungan – selain sebagai media penyebaran informasi, komunitas juga bermanfaat sebagai media untuk menjalin relasi/hubungan antar sesama anggota komunitas yang mempunyai hobi atau pun berasal dari bidang yang sama.
  3. Saling Bantu/Dukung – alasannya berasal dari bidang yang sama, komunitas sanggup dijadikan sebagai media untuk acara saling bantu antar sesama anggota komunitas atau pun ke luar anggota komunitas.

Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas

Dalam pembentukan komunitas, pemrakarsa komunitas sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  1. Anggota – anggora yang diajak untuk bergabung ke dalam sebuah komunitas hendaknya berasal dari bidang/minat yang sama.
  2. Media Komunitas – untuk mendukung keberlangsungan komunitas, pemrakarsa komunitas sebaiknya mempertimbangkan media-media yang akan dipakai untuk melancarkan seluruh jadwal kerja yang telah dibuat di dalam komunitas.
  3. Program Kerja dan Sumber Daya – semoga komunitas tidak vakum, pemrakarsa komunitas harus bisa membentuk jadwal kerja dan menemukan sumber daya untuk menjalankan jadwal kerja tersebut.

Bentuk-Bentuk Komunitas

Bentuk komunitas, yang ada dalam masyarakat antara lain yaitu sebagai berikut;

Komunitas Berdasarkan Hobi
Jenis komunitas yang pertama biasanya di dasari pada hobi atau minat dalam masyarakat. Sifat insan yang mempunyai kecederungan untuk melaksanakan apa yang diskuainya menawarkan dorongan untuk membetuk kesatuan, atas dasar inilah komunitas menurut hobi menjadi bab daripada masyarakat.

Komunitas Berdasarkan Wilayah/Geografi
Jenis komunitas yang kedua, didasarkan pada wilayah atau geografis yang sama. Tujuannya komunitas ini cederung menjalin keterikatan masyarakat yang utuh, mulai dari kesamaan sejarah, kesamaan nasib pada masa lalu, ataupun menurut pada persamaan budaya yang ada di wilayahnya.

Komunitas Berdasarkan Pada Komuni
Bentuk lainnya, dari komunitas ini didasarkan pada komuni. Komuni yaitu pembentuk utama atas dasar kepentingan dan keinginan. Artinya dalam hal ini tujuan komunitas di dirikan atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

Komunitas Subkultur
Bentuk trakhir dari komunitas ini yaitu komunitas sub kultur, artinya komunitas yang didasarkan pada kepribadian berbeda akan tetapi untuk menyatukannya mempunyai kebudayaan khusus  atau adat khusus yang hanya berlaku pada komunitas tersebut. Komunitas ibarat ini lebih banyak terdapat dalam kelompok anak muda di kota-kota besar.

Contoh Komunitas Sosial
Beberapa tumpuan yang bisa diberikan dalam menggambarkan komunitas sosial ini, antara lain yaitu sebagai berikut;

Komunitas Pertanian
Komunitas pertanian intinya lebih sering dijumpai dalam masyarakat desa, di wilayah yang sama warga petani mempunyai korelasi dan ikatan yang kuat. Mereka berada di suatu tempat dengan batas wilayah yang jelas. Interaksi sosial yang sering mereka lakukan biasanya dengan rekan-rekan tetangga.

Komunitas Lokal
Contoh komunitas kebudayaan yang bersiat lokal, contohnya saja mengenai masyarakat yang ada di wilayah Jakarta mereka membetuk lembaga atau tempat kesatuan untuk masyarakat lokal Padang. Latar belakang ini terjadi alasannya mereka mempunyai kesamaan geografis yang sama.

Komunitas Pendidikan
Contoh lainnya, mengenai bentuk komunitas pada tingkat pendidikan contohnya saja dalam kelompok berguru atau dalam satu kelas menawarkan nama-nama kelas mereka dengan istilah yang menarik dengan tujuan menawarkan kedekapan satu sama lainnya. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Pendidikan, Bentuk, Fungsi, dan Contohnya 

Dari klarifikasi mengenai pengertian, bentuk, dan tumpuan komunitas di atas, sanggup disimpulkan bahwa semua komunitas-komunitas selalu brekiatan dengan wilayah-wilayah tertentu, insan dari zaman tradisional hingga peradaban masa sekarang istilah komunitas akan senantiasa ada di dalam kehidupan bermasyarakat.

Related Posts

Post a Comment