Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran K13 Sekolah Menengah Pertama - Selamat tiba di Kurikulum 2013 Revisi, kali ini admin bakal share mengenai K13 2019: Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Semua Mapel. Namun sebelumnya, terlebih dahulu kita membaca sejenak. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau jadwal yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau jadwal dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.
Contoh :
Geografi
a. KD 3.1 Memahami pengetahuan dasar Geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
b. KD. 4.1 Menyajikan pola penerapan pengetahuan dasar Geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.
Standar kompetensi lulusan ialah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau jadwal yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau jadwal dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.
Contoh :
Geografi
a. KD 3.1 Memahami pengetahuan dasar Geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
b. KD. 4.1 Menyajikan pola penerapan pengetahuan dasar Geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.
Standar kompetensi lulusan ialah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.
- Standar Kompetensi Lulusan ialah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
- Kompetensi Inti ialah pijakan muara kompetensi kelas pencapaian semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Isi atau kelas tertentu
- Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
- Penguatan pendidikan abjad melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
- Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
- Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memperlihatkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
- Kompetensi dasar dari KI-3 ialah dasar pengembangan bahan pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman mencar ilmu yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup menyebarkan proses mencar ilmu dan cara evaluasi yang diharapkan selamapembelajaran langsung.
- Dari proses mencar ilmu dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak pribadi berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
- Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi termuatdalam silabus, dan RPP.
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Geografi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Fisika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Matematika Peminatan Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Biologi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Kimia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Matematika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K-2013
Demikian yang terbaru, terkait dengan K13 2019: Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Semua Mapel
Post a Comment
Post a Comment