Soal Pembahasan Skb Guru

Soal SKB Guru CPNS 2018 - Berikut beberapa latihan soal prediksi TKB GURU Kelas Sekolah Dasar, mata pelajaran baik guru olahraga, matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll.

Baik, sebelumnya admin ucapkan selamat kepada anda yang telah masuk kedalam daftar nama-nama peserta SKB CPNS 2018.

1. Belajar berdasarkan Bell-Gredler yaitu proses insan untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan. Proses berguru ini berlangsung ...
A. pada ketika seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi hingga tua. 
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar

Pembahasan : B. dari bayi hingga tua. Karena insan mengalami proses berguru sepanjang hayat.

2. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.

Pembahasan: A. Clasical conditioning dari Pavlov. Karena dalam teori clasical conditioning ada 3 parameter yang salah satunya yaitu extinction atau penghilangan, yang artinya apabila penguatan respons akan menurun atau menghilang.

3. Suatu teori berguru dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori berguru ...
A. insight.
B. kognitif. 
C. conditioning.
D. connectionism

Pembahasan: Karena dengan membangun prinsip-prinsip belajarnya secara ilmiah, maka akan dihasilkan suatu mekanisme yang sanggup diterapkan dalam kelas untuk mendapat hasil yang produktif.

4. Seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu disebut .....
A. Silabus
B. RPP
C. Kurikulum
D. Standar Isi
E. Standar nasional pendidikan

5. Sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia yaitu .....
A. Kurikulm Berbasis Kompetensi (KBK)
B. Kurikulum Berkesinambungan
C. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
D. Kurikulum 1999
E. Kurikulum 2004

6. Penyusunan KTSP harus mengacu pada .....
A. Standar Isi dan Standar kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Kompetensi Lulusan Peserta didik
C. Silabus
D. RPP
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)

7. Kriteria atau pola atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian Minimal hasil berguru peserta didik dinamakan .....
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Batas Minimum Kelulusan
C. Ambang Batas Minimum Lulus
D. Nilai Kentuntasan Minimal
E. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

8. Istilah pedagogik berasal dari bahasa Yunani yaitu .....
A. Pedagogie
B. pedagogos
C. Pedago dan logos
D. Pedagogics
E. Peudae dan logos

9. Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus sanggup dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk memperlihatkan bahwa siswa itu telah mempunyai kompetensi dasar tertentu disebut .....
A. Kemampuan peserta didik
B. Kompetensi dasar
C. Indikator
D. Kecakapan hidup
E. Kompetensi lulusan

10. Suatu seni administrasi pengembangan materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu kiprah pembelajaran dinamakan .....
A. Pendekatan hierarkis
B. Pendekatan spiral
C. Pendekatan terjala
D. Pendekatan berkesinambungan
E. Pendekatan prosedural

11. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik disebut ....
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
E. Sensitif

12. Kemampuan yang sanggup dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa disebut......
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi lulusan
E. Kecakapan hidup (life skill)

13. Badan berdikari dan independen yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan yaitu ....
A. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
B. Badan Kurikulum Nasional
C. Badan Standarisasi Nasional (BSN)
D. Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan
E. Direktorat Pendidikan Nasional

14. Berikut ini yaitu prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kecuali .....
A. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus

15. Yang tidak termasuk dalam 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah.....
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Keahlian

16. Komponen RPP terdiri dari beberapa hal berikut kecuali .....
A. Identitas mata pelajaran
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. Presensi peserta didik
E. kegiatan pembelajaran

17. Yang tidak termasuk aspek kompetensi pedagogik guru berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yaitu ......
A. Mengenal karakteristik peserta didik
B. Menguasai teori berguru dan prinsip‐prinsip pembelajaran
C. Mampu mengembangkan kurikulum
D. Mampu membuat RPP yang berbeda minimal 5 buah setiap minggunya
E. Mengembangkan potensi peserta didik

18. Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan .......
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
B. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2007
C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2007
E. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2007

19. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yaitu sebagai berikut kecuali .....
A. Menguasasi teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
B. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
C. Mengenal latar belakang peserta didik untuk menunjang proses KBM
D. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
E. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran

20. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 mengatur wacana .....
A. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
B. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
C. Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
D. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
E. Standar isi

21. Berikut ini yaitu beberapa cara inovatif pemerintah untuk meningkatkan pemerataan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, kecuali ....
A. SD keall pada tempat terpencil
B. Sistem guru kunjung
C. Sekolah Menengah Pertama Terbuka (isosa –in school out off school approach)
D. Kejar PAKET A dan B
E. membangun gedung sekolah menyerupai SD inpres dan atau ruangan belajar

22. Hal berikut merupakan duduk masalah efisiensi pendidikan yang penting, kecuali ...
A. Bagaimana tenaga pendidikan difungsikan
B. Bagaimana prasarana dan sarana pendidikan digunakan
C. Mengapa masih banyak siswa yang belum berkompeten 
D. Bagaimana pendidikan diselenggarakan
E. Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga

23. Masalah-masalah makro yang merupakan faktor-faktor yang menghipnotis berkembangnya duduk masalah pendidikan yaitu sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali .....
A. Perkembangan IPTEK dan seni
B. Laju pertumbuhan penduduk
C. Aspirasi masyarakat
D. Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
E. Gerakan ekspansi pendidikan

24. Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru berkenaan dengan efisiensi pendidikan, antara lain sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali ....
A. Tidak terselesaikannya seluruh materi kurikulum dalam pembelajaran alasannya keterbatasan waktu B. Belum oftimalnya penggunaan media dan sumber belajar
C. Kurangnya pemberian perhatian, pengakuan, penguatan (reinforcement, reward) kepada murid yang kurang pandai
D. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran
E. Kurang mempunyai sarana dan prsarana pendidikan yang memadai

25. Salah satu duduk masalah pokok pendidikan di Indonesia yaitu Elitisme. Contoh dari elitisme yaitu ... A. Lembaga pendidikan dibuat berdasarkan fungsi dan peranan pendidikan yang sudah ketinggalan jaman
B. Kepincangan pemberian subsidi
C. Alat bantu proses berguru mengajar belum memadai
D. Biaya pendidikan yang mahal membuat siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan
E. Tidak meratanya lulusan yang dihasilkan untuk semua jenjang pendidikan

26. Tidak adanya kesesuaian antara output (lulusan) pendidikan dengan tuntutan perkembangan ekonomi sanggup diatasi dengan .....
A. Membuat kurikulum gres sesuai abjad orang Indonesia
B. Meningkatkan anggaran untuk pendidikan
C. Meningkatkan efisiensi pendidikan
D. Mengganti kurikulum yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman 
E. Menekankan pentingnya sekolah

27. Dalam mengatasi meningkatnya angka putus sekolah, hal yang bisa dilakukan antara lain.....
A. Meningkatkan subsidi untuk pendidikan menengah dan tinggi 
B. Menggratiskan semua jenjang pendidikan untuk warga miskin
C. Mencukupi kemudahan pembelajaran sesuai standar minimal pendidikan.
D. Refungsi dan restrukturisasi LPTK menuju spesialisasi guru setingkat master
E. Menghapuskan segala ‘pungutan’ di sekolah yang tidak ada kekerabatan dengan peningkatan mutu pendidikan

28. Berikut ini merupakan permasalahan pendidikan yang fundamental kecuali  ....
A. Mahalnya biaya pendidikan
B. Korupsi dana pendidikan
C. Kurangnya minat masyarakat akan pendidikan 
D. Kurangnya kemudahan pendidikan
E. Diskriminasi status guru

29. Menyikapi permasalahan mengenai profesionalisme guru yang dirasa kurang, maka tindakan yang harus dilakukan yaitu ...
A. Memberikan otoritas kepada guru dalam melaksanakan profesinya
B. Meningkatkan honor dan atau insentif untuk guru yang dilakukan baik pemerintah sentra maupun daerah
C. Melakukan redistribusi berdasarkan kebutuhan tempat dengan menawarkan insentif yang sesuai dengan kondisi geografis
D. Menghapuskan diskriminasi status guru PNS, swasta, honorer, kontrak, bantu, sukarelawan dengan membangun sistem administrasi guru dalam satu kesatuan yang tidak diskriminatif
E. Memberikan kebebasan kepada guru untuk berserikat, menyatakan pendapat, dan menjamin peranserta guru dalam pemberantasan KKN, khususnya pemberantasan korupsi dana pendidikan

30. Pro kontra mengenai tes keperawanan dalam seleksi masuk sekolah yang menuai banyak kecaman dan beredar belum usang ini digagas oleh ....
A. Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan 
B. Dinas Pendidikan Kota Depok
C. Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jawa barat
D. Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan
E. Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Sumut

31. Contoh-contoh permasalahan yang dihadapi guru yang berkenaan dengan relevansi mutu pendidikan, antara lain .....
A. Perkiraan yang tidak sempurna terhadap inovasi
B. Belum meratanya kemampuan hasil berguru diantara siswa di dalam kelas 
C. Konflik antar siswa dan motivasi yang kurang sehat
D. Kurang adanya kekerabatan sosial dan publikasi
E. Lemahnya aneka macam faktor penunjang sehingga menjadikan tidak berkembangnya penemuan pembelajaran

32. Yang termasuk kewajiban seorang dosen yaitu ......
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan dedikasi kepada masyarakat 
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kiprah dan prestasi kerja
D. Memperoleh proteksi dalam melaksanakan kiprah dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam menawarkan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik

33. Berikut ini yaitu hak seorang dosen, kecuali  .....
A. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, terusan sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran serta penelitian dan dedikasi kepada masyarakat
B. Memiliki kebebasan dalam menawarkan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik
C. Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi/organisasi keilmuan
D. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kiprah dan prestasi kerja
E. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran 

34. Pengembangan muatan lokal untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK perlu memperhatikan beberapa prinsip pengembangan sebagai berikut kecuali  .....
A. Utuh
B. Objektif 
C. Kontekstual
D. Apresiatif
E. Fleksibel

35. Inspektorat Jenderal Departemen melaksanakan audit kinerja terhadap lembaga-lembaga berikut kecuali ......
A. Instansi Kepala Sekolah 
B. Kantor Pusat Unit Utama Departemen
C. LPMP
D. BSNP
E. BAN-PT

36. Yang tidak termasuk aspek penilaian kurikulum yaitu .......
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif 

37. Penilaian hasil berguru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk melihat pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran mencakup hal berikut,  kecuali .....
A. menentukan KKM setiap mata pelajaran dengan memperhatikan peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik
B. mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan final semester, dan ulangan kenaikan kelas C. menentukan kriteria kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang memakai sistem paket melalui rapat dewwan pendidik
D. menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus UN
E. menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian awal semester 

38. Pada Juli 2013 kemudian Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat menyatakan bahwa Kemenag akan memprioritaskan 4 kebijakan pendidikan pada 2014. Berikut kebijakan tersebut, kecuali .....
A. Pendidikan Menengah Universal (PMU)
B. Jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berbasis internasional
C. implementasi kurikulum 2013
D. alokasi derma siswa miskin
E. membangun sekitar 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) gres di beberapa provinsi

39. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 menyertakan 5 lampiran yang memuat wacana beberapa pedoman yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulum 2013, yaitu kecuali ....
A. Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
B. Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
C. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
D. Pedoman Umum Pembelajaran
E. Pedoman Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 

40. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen sesuai UU guru dan Dosen yaitu sebagai berikut kecuali ....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan dan sopan santun mulia
C. Mampu mengenal karakteristik setiap mahasiswa di perguruan tinggi 
D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompetensi yang diharapkan sesuai dengan bidang tugas

41. Guru diharus mempunyai kemampuan berfikir yang tidak kaku dan gampang diadaptasi dengan tuntutan situasi yang dihadapi, berarti sikap guru harus memilki ….
A. keluwesan kogenitif 
B. keterbukaan psikologis
C. keajegan spiritual
D. pribadi sebagi pemimpin

Pembahasan : A. keluwesan kogenitif. Karena jikalau dalam menghadapi situasi gres akan berfikir kritis dan kreatif

42. Salah satu bentuk kompetensi kogentif Guru diantaranya ….
A. menjelaskan konsep faktual 
B. menawarkan contoh perilaku
C. menawarkan contoh gerak dasar
D. mempunyai rasa kasih sayang

Pembahasan : A. menjelaskan konsep faktual alasannya hal tersebut berafiliasi dengan pengetahuan

43. Dengan diberikan menyebarkan bentuk permainan kubus, segitiga, dan silinder, anak bisa menentukan dan mencocokkan gambar-gambar yang ada di dalam sebuah acara komputer. Kegiatan menyerupai ini sanggup diartikan sebagai acara bermain yang melibatkan....

A. seluruh badan dan pikiran 
B. berguru yaitu proses penciptaan
C. berguru yaitu proses yang terjadi secara simultan
D. proses berguru akan terjadi jikalau seseorang melaksanakan sebuah aktivitas

Pembahasan: A. seluruh badan dan pikiran.
aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik dan mental, yaitu berguru sambil melaksanakan sesuatu. 
  • belajar yaitu proses penciptaan pengetahuan dalam diri individu. 
  • belajar yaitu proses yang terjadi secara simultan, salah karena, informasi dan pengetahuan yang diperoleh terjadi secara holistik. 
  • proses berguru akan terjadi jikalau seseorang melaksanakan sebuah aktivitas, salah karena, hasil belajarnya hanya sebuah acara bermain dan belajar. 

44. Dikala seorang siswa mengatakan”Saya tidak bisa Pak”. Yang paling sempurna tindakan guru supaya anak mau melaksanakan latihannya, yaitu dengan cara ....
A. membandingkan dengan temannya 
B. memberi sanksi dengan kiprah gerak yang lebih berat
C. memarahi dengan kata cemoohan
D. disuruh untuk berhenti latihan

Pembahasan : A. membandingkan dengan temannya. 
karena dengan cara ini siswa tersebut akan termotivasi, tidak mau kalah oleh temannya 

45. Dalam teknik pemecahan duduk masalah verbal, seorang guru bertanya, “apakah ada tanggapan lain yang lebih tepat?” Teknik tersebut termasuk ....
A. mengemukakan tanggapan masalah
B. reaksi terhadap jawaban
C. latihan pengulangan
D. diskusi pemecahan masalah

Pembahasan: B. reaksi terhadap tanggapan yang salah alasannya prakteknya, guru harus membuktikan sikap positif, tidak eksklusif memvonis salah

45. Guru mengawasi acara berguru semua siswa dalam pembelajaran penjas, termasuk seni administrasi training yang dinamakan ....
A. pengamatan menyeluruh 
B. terabaikan yang bersifat selektif
C. keterlibatan langsung
D. seni administrasi penanganan dari dekat

Pembahasan: A. pengamatan dan pengawasan tertuju pada siswa secara eksklusif dan menyeluruh

46. Pada ketika di kelas, anak suka bercakap dengan temannya ketika guru mengajar. Peristiwa tersebut termasuk tahap perkembangan afektif berdasarkan Masser, pada tingkat....
A. tak bertanggung jawab
B. pengendalian diri
C. tanggungjawab pribadi
D. keterlibatan

 Pembahasan: A. tak bertanggung jawab alasannya anak tidak akan bisa dan bertanggungjawab atas perbuatannya.

47. Cara penerapan disiplin yang diterapkan Carter, yaitu jikalau siswa melaksanakan pelanggaran pertama maka dieksekusi dengan ....
A. orang tuanya dipanggil
B. dipanggil kepala sekolah
C. siswanya diperingati 
D. siswa dikucilkan selama 10 menit

Pembahasan: C. siswanya diperingati alasannya cara ini merupakan pelanggaran yang paling ringan dan dilakukan yang pertama  


48. Pembelajaran yang berorientasi pada proses berguru rangkaian, seharusnya menawarkan kesempatan pada siswa untuk ...
(1). melaksanakan satu urutan kegiatan tanpa terputus.
(2). mengulang urutan kegiatan dengan tepat.
(3). mengganti kegiatan dengan kegiatan yang lain.

Pembahasan : A. Jika (1) dan (2) yang benar Jawaban yang benar yaitu 1 dan 2. Karena dengan mengurutkan kegiatan dan mengulang kegiatan tanpa terputus dan tepat, akan membuat siswa gampang mengingatnya. 

49. Dalam proses pembelajaran, supaya proses pembelajaran sanggup berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
A. mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
C. mengusahakan suasana berguru yang menyenangkan.
D. memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Pembahasan : B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan. Karena dengan memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif 

50. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan kiprah bersama dengan teman
A. mengobrol bersama.
B. bertukar informasi. 
C. saling percaya
D. saling memahami.

Pembahasan: B. bertukar informasi. Karena dengan mengerjakan kiprah bersama, siswa sanggup menyebarkan informasi dan saling mengoreksi, bahkan berperan sebagai tutor sebaya untuk temannya.

Demikian  Soal Pembahasan SKB GURU

Related Posts

Post a Comment