Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2018 2019 (dan Kunci Jawaban – Pembahasan). Matematika merupakan kata yang diambil dari bahasa latin "mathemata" yang mempunyai arti "sesuatu yang dipelajari". Dalam bahasa Belanda, matematika dikenal dengan sebutan "wiskunde" yang mempunyai arti "ilmu pasti". Boleh dikatakan secara umum matematika merupakan sebuah ilmu niscaya yang berkaitan dengan penalaran. Matematika menjadi salah satu ilmu yang mendasari kehidupan manusia. Sejak ditemukannya, matematika selalu berkembang secara dinamis seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan ilmu matematika ini tidak pernah berhenti alasannya matematika sangat diharapkan dalam banyak sekali aspek kehidupan insan untuk mendapat kehidupan yang lebih sempurna. Karena sebegitu pentingnya matematika dalam segala aspek kehidupan manusia, sebelum kita mempelajari secara detail perihal matematika, kita harus mengetahui terlebih dahulu ,matematika berdasar pendapat andal maupun matematika dilihat dari sisi kurikulum yang menjadi contoh setiap anak didik dalam mempelajari matematika.
Saat ini Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Materi Pelajaran Matematika SD antara lain: Sifat-sifat Operasi Hitung, Menentukan FPB dan KPK, Operasi Hitung pada Bilangan Berpangkat, Satuan Volume dan Debit, Bangun Datar dan Bangun Ruang, Pengumpulan dan Penyajian Data dan banyak sekali jenis bahan lainnya.
Selain sebagai mata pelajaran wajib mata pelajaran Matematika Juga termasuk salah satu mata pelajaran yang di-USBN-kan atau pelaksanaan ujian termasuk kelompok Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebagai salah satu mata pelajaran wajib, tentunya nilai mata pelajaran ini kuat terhadap kelulusan siswa dari sekolah.
Untuk membantu siswa dalam menghadapi Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2019 berikut ini admin contoh Latihan soal dan pembahasan Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2018. Semoga dengan mempelajari Latihan Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2019 yang sudah terperinci disusun sesuai kisi-kisi USBN Matematika SD tahun 2018/2019 ini akan membantu para siswa SD – MI dalam menghadapi USBN tahun 2018/2019 yang akan datang.
Berikut ini Latihan Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN SD Tahun 2018.
Link Download Latihan Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN SD Tahun 2018 ---disini---
Berikut Pembahasan atau Kunci Jawaban Latihan Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Matamatika SD Tahun 2018.
Pembahasan USBN Matematika SD 2018
1. Jawaban B
12.679 + 1.337 – 3.948 + 19.256 = ....
= 14.016 – 3.948 + 19.256
= 10.068 + 19.256
= 29.324
2. Jawaban C
24 x 85 : 6 = ....
= 2.040 : 6
= 340
3. Jawaban A
4.896 : (-16) x (-29) = ....
= -306 x (-29)
= 8.874
4. Jawaban C
(13 – 19) + 3 x (12 : 4) = ....
= (-6) + 3 x 3
= (-6) + 9
= 3
5. Jawaban B
5.184 + 42 : 6 – 343
= 5.184 + 7 – 343
= 5.191 – 343
= 4.848
6. Jawaban D
21 + 28 = 49
7. Jawaban A
8. Jawaban A
15/6 = 2,500
2 2/5 = 2,400
228% = 2,280
9/4 = 2,250
2,2 = 2,200
9. Jawaban D
10. Jawaban A
11. Jawaban C
12.
13. Jawaban B
Perbandingan Harga gres buku gambar : harga jangka : harga pastel warna = 2 : 6 : 9
Harga 2 pastel warna = 22.500
Harga 8 buku gambar = 8 x 2/18 x 22.500 = 20.000
Total belanja 65.000 – 22.500 – 20.000 = 22.500
Harga 1 jangka = 6/2 x 2.500 = 7.500
Sisa dana belanja 22.500 : 7.500 = 3 buah
14. Jawaban A
15. Jawaban D
16. Jawaban D
17. -
18. Jawaban B
19. Jawaban B
1,5 ton – 7,2 kuintal + 490 kg = ... kuintal
15 kuital – 7,2 kuintal + 4,9 kuintal = ...kuintal
12,7 kuintal
20. Jawaban D
3/8 x 22/7 x 14 x 14 =
= 231
21. Jawaban D
16 x 10 : 2 = 80
22. Jawaban C
((95 x 95) – (24 x 30 : 2)) x 2
= (9.025 – 360) x 2
= 17.330
23. Jawaban B
3 x 3 x 4 – 2 = 34
24. Jawaban D
25. Jawaban D
26. Jawaban D
27. Jawaban C
28. Jawaban D
meranti =4
jati =5
pinus =6
sengon =3
randu =4
mahoni =3
29. Jawaban A
jaket = 50% - 25% - 10% = 15%
jaket = 15% / 5% x 18 = 54 buah
kaos = 50% - 15% = 35%
kemeja = 25%
Selisih kaos dan kemeja = 35% - 25% = 10%
Perhitungan 10% / 15% x 54 buah = 36 buah
30. Jawaban A
Nilai Adi = ((18 x 76) + ...) : 19 = 77
(1368 + ...) : 19 = 77
1368 + ... = 77 x 19
1368 + ... = 1.463
1463-1368 = 95
Nilai Nia = 95 – 5 = 90
Nilai rata-rata final = ((18 x 76) + 95 + 90) : 20
= (1368 + 95 + 90) : 20
= 1.553 : 20
= 77,65
31. Jawaban:
KPK dari 6, 8, dan 9 yaitu 72
72 – (31 Maret – 7) – 30 april = 72 – 24 – 30 = 18 Mei 2018
Ditunda seminggu 18 Mei 2018 + 7 hari = 25 Mei 2018
Jadi mereka akan berkunjung gotong royong berikutnya pada tanggal 25 Mei 2018
32. Jawaban
Panen Pak Andi = 2 x 5,2 kuital = 10,4 kuintal
Dijual = ¾ x 10,4 kuintal = 7,8 kuintal
Diberikan = 10% x 10,4 kuintal = 1,04 kuintal
10,4 – 7,8 – 1,04 = 1,56 kuintal : 6 = 0,26 kuintal
Jadi berat tiap karung ada 0,26 kuintal
33. Jawaban bab a
Jawaban bab b
Luas bulat yaitu (pi)(r2).
Luas setengah bulat yaitu (½)(pi)(r2).
Diketahui
Diameter Bangun pertama 28 cm jadi = Jari-jari (r2) yaitu 14 cm
Diameter Bangun pertama 14 cm jadi = Jari-jari (r2) yaitu 7 cm
(pi) = 3.14
Jadi Luas bangkit pertama yaitu ½ x 3.14 x 14 = 21,98
Jadi Luas bangkit kedua yaitu ½ x 3.14 x 7 = 10,99
Jadi Luas bangkit pertama dan kedua 21,98 + 10,99 = 32,97
34. Jawaban
panjang = 27 m
lebar = 1/3 x 27 = 9 m
kedalaman = 1/6 x 9 = 1,5 m
luas bab dalam = (p x l) + (p x t) + (l x t)
= (27 x 9) + ( 27 x 1,5) + ( 9 x 1,5)
= 243 + 40,5 + 13,5
= 297 meter persegi
Jadi biaya yang diharapkan untuk pemasangan keramik = 22.500 x 297 = 6.682.500
35. Jawaban
Nilai | Banyaknya | Jumlah |
65 | 4 | 260 |
70 | 4 | 280 |
75 | 3 | 225 |
80 | 5 | 400 |
85 | 8 | 680 |
90 | 4 | 360 |
Jumlah | 28 siswa | 2.205 |
Nilai rata-rata = 2205 : 28 = 78,75
Banyaknya sisa yang mempunyai nilai dibawah rata-rata ada 10 siswa.
Demikian informasi perihal Latihan Soal dan Pembahasan USBN Matematika SD – MI Tahun 2018-2019. Semoga bermanfaat dalam membatu persiapan siswa SD/MI dalam menghadapi USBN yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
Post a Comment
Post a Comment