– Sobat , sehabis sekian usang blog tidak menerbitkan artikel dikarenakan beberapa hal. Kali ini admin akan mengulas dan menguraikan wacana Aplikasi terbaru yang telah diluncurkan oleh Dirjen Pendis Kemenag Bidang Pendidikan Madrasah yakni Aplikasi Raport Digital (ARD) Madrasah. Jika di Tahun 2017 kemarin para Operator Madrasah sudah diperkenalkan dengan aplikasi Ropor Online Khusus untuk siswa kelas Akhir - yang kini entah bagaimana nasibnya – Kini, di Tahun 2018 muncul Aplikasi serupa, namun terdapat beberapa perbedaan – serupa tapi tak sama -, pada Aplikasi Raport Digital (ARD) yang berbasis website (web based) ini terdapat hal-hal yang harus dilakukan oleh Operator Madrasah dan Wali Kelas yakni menginput Nilai Harian dan Nilai Ujian.
Sebagaimana pengamatan Admin Blog Madrasah terdapat beberapa hal yang harus dilakukan secara step by step oleh Operator Madrasah maupun Guru, antara lain ialah sebagai berikut:
TUGAS OPERATOR MADRASAH DI APLIKASI ARD
- Mengisi Data Madrasah secara lengkap dan Benar
- Setting Mata Pelajaran (hanya sinkronisasi)
- Menambahkan Muatan Lokal
- Menambahkan Ekstrakurikuler
- Mengisi Daftar Guru (satu persatu atau kolektif) untuk Form excel Input Kolektif sanggup di Unduh DISINI.
- Mengisi Daftar Siswa (Satu Persatu atau Kolektif) untuk Form excel Input Kolektif sanggup di Unduh DISINI.
- Setting Rombongan Belajar (Rombel)
Langkah-langkah diatas harus dilakukan oleh Operator Madrasah sesuai dengan urutan Nomor. Sehingga data akan terisi secara benar dan runtut.
TUGAS GURU DI APLIKASI ARD
Adapun tugas-tugas guru di Aplikasi ARD diantaranya ialah sebagai berikut:
- Setting Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)
- Mengisi daftar nilai untuk tiap mapel yang di ampu
DOWNLOAD PANDUAN ARD MADRASAH 2018
Sobat Dirjen Pendis telah menerbitkan Buku Pedoman Penggunaan Aplikasi Raport Digital Madrasah yang sanggup teman unduh melalui tautan berikut ini:
Panduan Penggunaan Aplikasi Raport Madrasah
CARA SETTING USERNAME DAN PASSWORD LOGIN WALI KELAS
Untuk menciptakan Username dan Password untuk login Wali kelas di Aplikasi Raport Digital, Sobat sanggup mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Login ke Akun Lembaga atau klik link berikut ARD Madrasah, kemudian isikan Usernama = NSM ; dan Password; Pengguna
2. Klik Menu Konfigurasi > Guru, dan isi kolom sesuai data real di Madrasah sebagaimana gambar berikut.
3. Kemudian isikan NIP guru, yang mana NIP tersebut nantinya ialah sebagai Username untuk login tiap guru di madrasah tersebut, kemudian isi kolom password sebagaimana yang teman inginkan yang terpenting teman ingat-ingat password tersebut.
4. Selesai, username dan password untuk guru sudah sanggup digunakan. Selamat!
Demikian isu tentang Cara Setting Username dan Password Login Guru di Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Madrasah Hebat Bermartabat.
Post a Comment
Post a Comment