Pergantian Sistem Honor Tunggal Pns Menjadi Perihal Tahun 2019

Pergantian Sistem Gaji Tunggal PNS Menjadi Wacana Tahun  Pergantian Sistem Gaji Tunggal PNS Menjadi Wacana Tahun 2019

Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu profesi favorit masyarakat Indonesia alasannya yaitu menawarkan feedback yang sangat baik terhadap kinerja sang PNS itu sendiri. Salah satu feedback yang menggiurkan yaitu sistem honor tunggal PNS yang akan diterapkan mulai tahun 2019. Gaji PNS bila dihitung dengan rata-rata honor karyawan di Indonesia berada pada tingkat yang lebih tinggi. Jumlah honor PNS yang diterima menjadi idaman dari hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Selain gaji, ada beberapa hal lain yang menjadi alasan mengapa banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong mendaftar sebagai anggota PNS. Hal tersebut terkait dengan jumlah tunjangan yang diberikan serta dana pensiun yang akan diberikan kelak.

Pergantian Sistem Gaji PNS menjadi Sistem Gaji Tunggal (Single Sallary)

Berdasarkan Undang-Undang yang berlaku yaitu nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 menyatakan bahwa sistem penggajian Pegawai Negeri Sipil akan menerapkan model baru. Sistem penggajian PNS itu tidak lagi memakai standar honor sebagaimana yang telah diterapkan sebelumnya. Kedepannya pemerintah akan memberlakukan sistem honor tunggal PNS atau Single Sallary kepada seluruh jabatan PNS.

1. Perbedaan sistem honor PNS usang dengan single sallary
Sistem honor tunggal PNS atau Single Sallary ini akan diberlakukan dengan santunan honor secara tunggal dengan menghapus beberapa komponen tunjangan-tunjangan yang selama ini diperoleh. Namun, para PNS tidak perlu khawatir alasannya yaitu sebenarnya tunjangan tidak benar-benar dihapus melainkan dimasukkan pada honor tunggal sehingga nominal honor yang diterima lebih besar. Tunjangan yang biasa diberikan kepada PNS diantaranya yaitu tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan beras, serta beberapa tunjangan yang lain. Hanya aka nada satu tunjangan yang tetap dihitung secara terpisah yaitu tunjangan fungsional.

2. Perbedaan besaran honor PNS usang dengan single sallary
Pergantian sistem penggajian honor PNS dikala ini dinilai masih kurang baik alasannya yaitu mempunyai selisih range honor pokok yang terlalu bersahabat antara honor terendah dengan honor tertingginya. Saat ini honor pokok terendah milik PNS yaitu 1,5 juta rupiah. Sedangkan honor pokok tertinggi PNS hanya 4,5 juta rupiah. Perbedaan honor pokok yang hanya sedikit ini dinilai menjadi penghambat para PNS untuk bergerak meningkatkan kinerja sehingga sanggup meningkat ke golongan diatasnya.

Range honor pokok Pegawai Negeri Sipil yang ideal yaitu membandingkan honor pokok terendah dengan honor pokok tertinggi dengan perbandingan 1 : 10. Jika dikala ini honor PNS paling rendah yaitu 1,5 juta dan honor tertingginya yaitu 4,5 juta maka perbandingan honor pokok dikala ini hanya 1 : 3 saja. Seharusnya apabila honor pokok terendah yaitu 1,5 juta maka honor pokok tertinggi PNS idealnya yaitu 15 juta. Kemudian muncullah tentang sistem honor tunggal PNS dengan menggabungkan honor pokok dan beberapa tunjangan menjadi satu nomenklatur. Gaji PNS selanjutnya akan dinaikkan sesuai dengan jenjang jabatan dan tunjangan akan diturunkan menjadi 10-15 persen dari gaji.

3. Perhitungan Single Sallary Pegawai Negeri Sipil
Perhitungan honor PNS ini akan dihitung sesuai dengan beban kerja, jabatan, bobot dan pencapaian kinerja PNS itu sendiri. Perhitungan honor PNS ini sangat erat berkaitan dengan evaluasi kesejahteraan pegawai dan evaluasi kinerja pegawai. Selanjutnya risiko pekerjaan juga akan menjadi faktor penentu jumlah honor yang akan didapatkan. Sistem ini dinilai kan membuat sistem penggajian yang lebih adil. Selain adil, sistem ini dibutuhkan akan mendorong para aparatur negara untuk saling bersaing menawarkan donasi tinggi demi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Seperti yang disebutkan bahwa sistem ini didasarkan pada grade atau nilai yang didapatkan dari kinerja pegawai maka sistem honor tunggal PNS kedepan mempunyai 17 grade. Grade tersebut dimulai dari grade 1 sampai grade 17. Untuk pembagian golongan akan diistilahkan sebagai step. Step PNS terdiri dari step 1 sampai step 10. Perhitungan honor golongan sanggup dihitung sebagai berikut. Jika PNS tersebut masuk dalam grade 1 step 10 maka honor higienis minimalnya yaitu sekitar 5,4 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk PNS dengan grade 17 step 10 maka honor higienis minimal yang akan diterima mencapai angka 57,2 juta rupiah per bulan.

4. Cara Menghitung Single Sallary Pegawai Negeri Sipil
Sistem ini sudah berlaku dan dipakai pada banyak sekali negara khususnya dalam sector pemerintah dan juga pelayanan publik. Single sallary sytem ini terdiri atas beberapa unsur menyerupai grade dan step, jabatan dan kinerja pegawai. Berdasarkan sistem honor tunggal PNS sanggup saja seorang PNS yang mempunyai jabatan sama mendapat honor yang berbeda. Indeks penghasilan PNS dalam jenjang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tidak memakai grade. Untuk Jabatan Administrasi (JA) dan Jabatan Fungsional (JF) mempunyai grade yaitu P1 sampai P10.

Related Posts

Post a Comment