Syarat Dan Biaya Ppg 2018

 maka akan sangat erat dengan istilah ini Syarat dan Biaya PPG 2018

PPG, tentunya kalau Anda ialah seorang guru, maka akan sangat erat dengan istilah ini. PPG merupakan sebuah jadwal pendidikan pendidikan profesi guru yang diselenggarakan oleh pemerintah. Selain diselenggarakan oleh pemerintah, biaya PPG 2018 juga akan di fasilitasi oleh pemerintah. Pada tahun 2018 ini, pemerintah membuka 70.000 kuota untuk setiap guru yang ingin mengikuti jadwal PPG ini. Namun tentu saja, mereka (guru) harus terlebih dahulu mengikuti serangkaian tes, serta melengkapi beberapa persyaratan. Bagi Anda yang ingin mengikuti jadwal ini, berikut beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

5 Syarat Mengikuti PPG 2018

Sebagaimana diketahui PPG merupakan sebuah jadwal Pendidikan Profesi Guru yang diselenggarakan oleh pemerintah. Harapannya jadwal ini bisa menambah wawasan serta keahlian dari seorang guru. Biasanya dalam pelaksanaannya, jadwal ini di diselenggarakan pada sekolah tinggi tinggi tertentu. Tentu saja sekolah tinggi tinggi tersebut telah ditunjuk secara oleh pemerintah untuk menjalankan jadwal PPG ini.

Program PPG ini sepenuhnya akan didanai oleh pemerintah, hal ini telah diatur dalam UU No.37 tahun 2017 pasal 8 ayat 1. Namun, biaya PPG 2018 yang ditanggung tersebut tidak mencakup biaya untuk kebutuhan langsung sehari-hari, ibarat makan, minum, maupun transportasi. Sehingga semoga sanggup memenuhi kebutuhan Anda selama mengikuti jadwal PPG ini, maka Anda sanggup menyediakan biaya langsung Anda sendiri.

Di samping itu, biaya PPG 2018 yang ditanggung pemerintah ini akan diperuntukkan kepada 70.000 orang akseptor PPG. Kuota 70.000 tersebut selanjutnya akan dibagi-bagi kepada forum pemerintahan. Pemerintah sentra akan menjamin 20.000 akseptor biaya PPG, lalu 50.000 orang lagi akan didanai oleh Pemda dan Instansi terkait. Jika berminat untuk mengikuti jadwal pendidikan profesi guru (PPG), ini berikut beberapa syarat pendaftarannya.

1. Memiliki Latar Belakang Perguruan Tinggi
Syarat pertama bagi Anda yang ingin mengikuti jadwal PPG 2018 ini, Anda harus mempunyai latar belakang pendidikan dingklik perkuliahan. Hal tersebut sanggup dibuktikan dengan melampirkan ijazah resmi dari sekolah tinggi tinggi tersebut. Minimal Anda mempunyai jenjang pendidikan Strata 1 ataupun Diploma 4. Akan lebih baik kalau Anda merupakan lulusan dari fakultas pendidikan, sehingga Anda telah mempunyai bekal sebagai tenaga pendidik yang lebih baik.

2. Merupakan PNS, Honorer, maupun Guru Yayasan
Selanjutnya jadwal dari biaya PPG 2018 yang ditanggung pemerintah ini ditujukan bagi guru yang telah bekerja atau mengajar pada suatu sekolah. Baik sebagai guru PNS, guru Honorer, maupun Guru Tetap Yayasan. Biasanya Anda akan diminta melampirkan Surat Keterangan (SK) terkait status keguruan Anda ketika ini. Oleh alasannya ialah itu, simpanlah semua berkas-berkas penting Anda pada daerah yang aman. Sehingga kalau sewaktu-waktu diharapkan akan gampang untuk menemukannya.

3. Berusia Muda
Persyaratan berikutnya untuk sanggup mengikuti jadwal PPG yang didanai oleh pemerintah ini ialah Anda harus mempunyai usia relatif lebih muda. Paling tidak Anda harus belum memasuki usia pensiun. Sehingga pada ketika mengikuti jadwal PPG ini Anda masih mempunyai semangat dan pikiran yang fresh. Dengan sanggup lebih optimal dalam mengikuti jadwal tersebut.

4. Memiliki Nomor Peserta UKG
Persyaratan lainnya ialah Anda harus mempunyai nomor akseptor UKG (Unit Kompetensi Guru). Selain itu, Anda juga harus masuk dalam sistem warta administrasi PKB. Apabila telah memenuhi dua hal ini, maka Anda selangkah lebih dekat untuk mengikuti jadwal PPG 2018 ini.

5. Belum Pernah Tersertifikasi
Terakhir, kalau ingin mengikuti PPG 2018 ini, maka Anda harus menyatakan diri belum pernah mengikuti jadwal sertifikasi  sebelumnya. Hal ini dilakukan agar, jadwal tersebut sanggup diikuti secara merata oleh semua guru-guru yang ada di Indonesia. Dengan kata lain, tidak hanya berputar pada sekelompok orang saja. Sehingga hal ini nantinya juga akan membantu memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia sendiri.

Itulah tadi beberapa persyaratan untuk mengikuti jadwal Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018. Meskipun biaya PPG 2018 ini didanai oleh pemerintah, namun bukan berarti Anda sanggup “bermain-main” dalam mengikuti jadwal tersebut. Anda harus tetap semangat dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pendidikan PPG ini. Sehingga sehabis lulus dari jadwal PPG, Anda telah mempunyai kematangan yang lebih sebagai seorang pendidik professional.

Ingat pula bahwa Anda sebagai seorang guru mempunyai peranan penting dalam mendidik anak bangsa. Semakin baik pendidikan yang Anda berikan, maka akan semakin siap mereka (anak bangsa) untuk menghadapi segala fenomena dalam kehidupannya. Pendidikan yang Anda berikan tidak hanya sekadar menunjukkan ilmu saja, namun juga perilaku dan keterampilan yang berkhasiat bagi masa depan mereka.

Demikianlah beberapa warta seputar PPG dan  biaya PPG 2018. Semoga warta tadi sanggup bermanfaat bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang mempunyai impian untuk mengikuti jadwal PPG di tahun ini. Selamat mencoba.

Related Posts

Post a Comment