Kumpulan Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru TK/SD/SMP/SMA/SMK Semua Bidang Studi Sergur 2016
I. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Pendahuluan
Tujuan penyusunan materi latih kompetensi pedagogik ini ialah membantu guru
calon penerima PLPG mendapat sumber mencar ilmu untuk menambah wawasan para
guru tentang: (1) kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran, (2)
karakteristik siswa dan teori-teori mencar ilmu (3) pengelolaan kegiatan pembelajaran agar
lebih profesional di bidangnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan (4)
bagaimana melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan supaya dapat
memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Silakan Download Bab Pendahuluan Materi Pedagogik PLPG
Kegiatan Belajar 1: KARAKTERISTIK SISWA
A. Tujuan
Modul ini disusun untuk menjadi materi mencar ilmu bagi guru terkait materi karakteristik siswa dalam kegiatan Guru Pembelajar. Tujuan mencar ilmu yang akan dicapai ialah memahami tahap-tahap perkembangan siswa sehingga sanggup menyediakan materi pelajaran dan metode penyampaian yang sesuai dengan karakteristik siswa sesuai dengan tahap perkembangannya
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kompetensi Inti
Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, kultural, emosional, dan
intelektual
2. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
a. Memahami karateristik siswa yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan tahap perkembangannya
b. Menyiapkan dan materi pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya.
c. Marancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan pada tahap perkembangannya.
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Karakateristik Siswa
III. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Teori Belajar
Kegiatan Belajar 2: TEORI BELAJAR
A. Tujuan
Peserta pembinaan sanggup menjelaskan teori mencar ilmu dan bisa memberikan
pola penerapannya dalam pembelajaran matematika.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu mendeskripsikan teori mencar ilmu behavioristik
2. Mampu mendeskripsikan teori mencar ilmu Vygotsky
3. Mampu mendeskripsikan teori mencar ilmu van Hiele
4. Mampu mendeskripsikan teori mencar ilmu Ausubel
5. Mampu mendeskripsikan teori mencar ilmu Bruner
6. Mampu menerapkan teori mencar ilmu dalam pembelajaran matematika
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Teori Belajar
Kegiatan Belajar 3 : KURIKULUM 2013
A. Tujuan
Setelah membaca sumber mencar ilmu ini diperlukan Guru mempunyai wawasan ihwal rasional dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 dengan sempurna dan jelas, memahami ihwal SKL, KI, dan KD pada tingkat satuan pendidikan, serta bisa menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Diharapkan sesudah membaca modul ini guru dapat:
1. Menjelaskan rasional dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 dengan sempurna dan jelas
2. Menjelaskan pengertian SK, KI, dan KD.
3. Menganalisis keterkaitan SKL dengan KI dan KD.
4. Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan KD.
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Kurikulum 2013
Kegiatan Belajar 4: DESAIN PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Setelah membaca sumber mencar ilmu ini diperlukan Guru mempunyai wawasan ihwal desain pembelajaran. Diantaranya mengetahui pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry, Discovery Learning, serta menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah membaca sumber mencar ilmu ini diperlukan Guru dapat:
1. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik
2. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Problem-based Learning
3. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Project-based Learning
4. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Inquiry
5. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Discovery Learning
6. Menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Desain Pembelajaran
Kegiatan Belajar 5 : MEDIA PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan mencar ilmu yang ingin dicapai ialah penerima dapat:
1. Menyebutkan perbedaan media pembelajaran dengan media pada umumnya,
2. menyebutkan macam-macam media pembelajaran beserta misalnya baik berdasarkan bentuk maupun fungsinya,
3. menyebutkan perbedaan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, penerima pembinaan akan dapat:
1. Membedakan media dan media pembelajaran
2. Membedakan macam-macam media pembelajaran
3. Membedakan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Media Pembelajaran
Kegiatan Belajar 6: PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan mencar ilmu yang ingin dicapai ialah penerima dapat:
1. Menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, penerima pembinaan akan dapat:
1. Menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan Belajar 7: PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan mencar ilmu yang ingin dicapai ialah penerima dapat:
1. menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan penilaian dalam pembelajaran
2. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
3. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil mencar ilmu pada kompetensi perilaku spiritual dan sosial
4. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil mencar ilmu pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, penerima pembinaan akan dapat:
1. Menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan penilaian dalam pembelajaran
2. menjelaskan jenis dan bentuk penilaian
3. menjelaskan pengertian tes dan nontes
4. membedakan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes
5. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
6. menjelaskan ketuntasan mencar ilmu dalam pembelajaran
7. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil mencar ilmu pada kompetensi perilaku spiritual dan sosial
8. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil mencar ilmu pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
IX. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Refleksi Pembelajaran dan PTK
Kegiatan Belajar 8 : REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A. Tujuan
Setelah mengikuti kegiatan mencar ilmu ini diperlukan penerima mempunyai pemahaman dan
keterampilan dasar mengenai:
1. Konsep kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Pengertian, karakteristik, dan prinsip-prinsip PTK.
4. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan konsep dan definisi kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2. Menjelaskan teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran
3. Melakukan reflektsi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4. Menjelaskan pengertian penelitian tindakan kelas
5. Menjelaskan karakteristik penelitian tindakan kelas
6. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas
Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2016 Bab Refleksi Pembelajaran dan PTK.
Sumber: Website Resmi Sertifikasiguru.id
Demikian ihwal Kumpulan Modul Materi Kompetensi Pedagogik sebagai Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Post a Comment