Sebagaimana diketahui, update emis pada periode sebelumnya terdiri atas tiga tahapan. Tahapan itu yaitu:
- Entri offline melalui Form Excel Emis
- Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis
- Upload Emis dan Konfirmasi data secara online
1. Konsep Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Update data Emis di semester genap tahun pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil yang lalu. Artinya, sentra data emis memakai kembali data hasil entri emis semester kemarin.
Data hasil semester ganjil tersebut dimunculkan kembali di laman upload emis online (http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617). Sehingga bagi forum yang pada semester ganjil kemarin telah mengupdate data dengan benar (tidak ada yang keliru) dan tidak mengalami perubahan data, maka operator RA/Madrasah tersebut cukup mengklik ulang tombol 'konfirmasi' di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617.
Intinya akan ada dua kelompok forum dengan status yang berbeda. Keduanya adalah:
- Lembaga yang boleh eksklusif melaksanakan konfirmasi di emis online
- Lembaga yang harus melaksanakan update data mulai dari awal, yakni mulai tahap pertama (entri Form Excel Emis), dilanjut tahap kedua, sampai tahap ketiga (Upload dan Konfirmasi Emis)
Baca Juga:
- Download Form Excel Emis Semester Genap 2016/2016 RA MI MTs MA
- Download Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016-2017
- Spesifikasi Komputer untuk Aplikasi Desktop Emis
2. Operator Kabupaten/Kota Akan Merilis Daftar Kesalahan
Pada akun operator emis di tingkat Kabupaten/Kota akan muncul daftar RA dan Madrasah yang telah melaksanakan updating data emis di semester ganjil kemarin, lengkap dengan kesalahan-kesalahan yang dideteksi oleh sistem.
Berbekal daftar tersebut, Operator Kabupaten/Kota akan memerintahkan Operator Emis forum yang bersangkutan untuk memperbaiki kesalahannya.
3. Lembaga yang Boleh Langsung Konfirmasi
Lembaga yang boleh eksklusif konfirmasi ini maksudnya yaitu operator forum tersebut boleh untuk tidak melaksanakan tahapan-tahapan update emis sebelumnya. Tidak perlu melaksanakan entri data di Form Excel Emis, tidak perlu melaksanakan validasi (backup) dengan Aplikasi Desktop Emis, bahkan tidak perlu melaksanakan upload hasil backup emis.Operator cukup login di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617 kemudian mengklik tombol "Konfirmasi". Ya, hanya mengklik tombol konfirmasi dan selesai.
RA dan Madrasah yang boleh ibarat itu yaitu forum yang memenuhi kedua kriteria berikut ini:
- Data semester genap sama dengan semester ganjil, alias tidak ada perubahan
- Tidak termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota).
4. Lembaga yang Harus Update Emis dari Awal
Kondisi berbeda harus dijalani oleh forum dengan kriteria berikut ini:
- Data semester genap mengalami perubahan. Baik perubahan data lembaga, data siswa, data lulusan, maupun data personal.
- Termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota)
Lembaga ini harus melaksanakan update data emis ibarat biasa yaitu melewati tahapan-tahapan sebagai berikut:
- Entri offline melalui Form Excel Emis
- Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis
- Upload Emis dan Konfirmasi data secara online
5. Upload Hanya Data yang Salah
Bagi forum yang harus melaksanakan update data emis dari tahap awal (entri form excel), ketika melaksanakan upload file hasil validasi (backup) tidak harus mengupload seluruh hasil backup. Cukup pada bab yang salah atau berubah saja.
Semisal sebuah forum mengalami perubahan data siswa sedangkan data lainnya (data lembaga, data personal, dan data lulusan) tidak berubah dan tidak salah, maka yang diupload cukup file backup siswa saja.
Demikian perubahan-perubahan dan tahapan yang harus dilalui pada update emis periode semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.
Post a Comment
Post a Comment