Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US/UN) SD/MI 2017 Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri dari 59 indikator sebagai berikut:
I. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
A. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
Indikator:
1. Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
2. Menjelaskan fungsi bentuk luar badan binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut.
3. Menentukan dasar pengelompokan hewan.
4. Menggolongkan binatang menurut jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
5. Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
B. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
6. Mengidentifikasi rantai kuliner pada ekosistem tertentu.
7. Menentukan organisme yang sanggup menduduki serpihan pada rantai kuliner yang tidak lengkap.
8. Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai kuliner yang disajikan dalam gambar.
9. Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai kuliner punah atau berkembang dengan pesat.
10. Memberikan rujukan hubungan yang bersahabat antarmakhluk hidup (simbiosis).
11. Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran rujukan yang diberikan.
C. Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup
12. Memberikan rujukan tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan menurut ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
13. Memberikan dua rujukan binatang yang berkembang biak dengan cara tertentu.
14. Menentukan pasangan yang sempurna antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
15. Mengidentifikasi cara binatang tertentu mengikuti keadaan terhadap lingkungannya menurut ilustrasi.
16. Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan mengikuti keadaan dengan cara tertentu.
17. Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
D. Pelestarian lingkungan
18. Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu menurut masalah di suatu daerah.
19. Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
20. Menjelaskan akhir dari acara insan yang sanggup menghipnotis keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
21. Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir menurut masalah yang disajikan.
II. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
E. Bagian badan tumbuhan/hewan dan fungsinya
22. Menjelaskan fungsi serpihan badan tumbuhan/hewan.
23. Menjelaskan manfaat serpihan badan tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
F. Daur hidup beberapa hewan
24. Mengidentifikasi binatang yang mengalami daur hidup menyerupai tampak pada gambar/diagram.
25. Menentukan salah satu tahapan daur hidup binatang tertentu yang merugikan atau menguntungkan insan menurut ilustrasi.
G. Rangka manusia
26. Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
27. Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
28. Menjelaskan fungsi serpihan rangka yang disajikan dalam gambar.
H. Sistem organ pada manusia
29. Mengidentifikasi serpihan yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya.
30. Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu
III. BENDA DAN SIFATNYA
I. Sifat benda
31. Menentukan pasangan yang sempurna antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel
J. Perubahan benda
32. Menentukan pasangan yang sempurna pada tabel rujukan acara dan perubahan wujud benda yang terjadi.
33. Menjelaskan faktor-faktor yang menjadikan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
IV. ENERGI DAN PERUBAHANNYA
K. Gaya dan gerak
34. Menyebutkan jenis gaya dalam acara sehari-hari menurut gambar.
35. Menyebutkan rujukan acara yang menunjukkan gaya sanggup mengubah gerak, arah , atau bentuk benda
L. Bentuk energi dan perubahannya
36. Menentukan bentuk energi pada alat/benda ketika dipakai menurut gambar.
37. Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
38. Menunjukkan gambar benda atau acara yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
39. Menentukan cara menghemat energi menurut gambaran wacana kelangkaan energi
M. Suhu dan kalor
40. Menjelaskan penerapan acara yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
41. Menunjukkan serpihan alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator menurut gambar
42. Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
43. Menyebutkan rujukan perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari
N. Bunyi dan cahaya
44. Menyebutkan benda-benda yang sanggup menyerap suara untuk mencegah gaung.
45. Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
46. Menentukan arah bayangan benda jikalau posisi sumber cahaya diubah menurut gambar.
47. Menjelaskan sifat cahaya menurut gambaran suatu kegiatan/ gambar
O. Listrik dan magnet
48. Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
49. Menentukan cara menciptakan magnet menurut gambar
V. BUMI DAN ALAM SEMESTA
P. Sumber daya alam
50. Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam menurut gambar.
51. Menentukan beberapa sumber daya alam yang sanggup diperbaharui atau tidak sanggup diperbaharui.
52. Menjelaskan imbas pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan
Q. Daur air
53. Menentukan tahapan daur air menurut gambar.
54. Menjelaskan acara insan yang sanggup menghipnotis daur air
R. Sistem tata surya
55. Menjelaskan akhir gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
56. Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
57. Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
58. Menentukan nama planet menurut ciri-cirinya.
59. Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah
Bagi Anda yang belum mempunyai kisi-kisi tersebut, Anda sanggup mengunduh file kisi-kisi soal US SD/MI 2017, silakan cek Kisi-Kisi Soal US/UN SD/MI/SDLB/Paket A Tahun Pelajaran 2016/2017 Mapel IPA, Bahasa Indonesia, dan Matematika.
Demikian wacana Kisi-Kisi US SD/MI 2017 IPA. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Post a Comment