Permasalahan Dan Solusi Uambn-Bk Tahun 2019


- Sobat Proktor dan Teknisi UAMBNBK Madrasah dimanapun berada, hambatan merupakan hal yang masuk akal dialami apabila bekerjasama dengan sebuah Aplikasi. Aplikasi sebaik dan sebagus apapun pastilah mempunyai kekurangan ataupun Bug. Oleh karenanya, Proktor dan Teknisi haruslah sanggup menguasai permasalahan-permasalahan yang mungkin akan atau sedang dihadapi. 

Permasalahan yang terjadi menjadi hal yang sangat maklum, alasannya intinya setiap Aplikasi mempunyai batas kemampuan. Apabila batas kemampuan tersebut dilampaui maka error pun sangat mungkin terjadi.

Berikut kami akan mencoba menguraikan beberapa pertanyaan umum yang muncul dibenak para Proktor maupun Teknisi UAMBNBK Madrasah Tahun 2018-2019. Apa yang kami uraikan belum tentu menjadi solusi Jitu, namun patut dicoba sebagi bab dari perjuangan yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi.


1. Bagaimana biar bisa login di WEB PDUM?

Username dan Password didapatkan dari Admin PDUM Kanwil dan diteruskan melalui Kab/Kota masing-masing.

2. Bagaimana biar bisa login di laman UAMBNBK?

Username dan Password akan muncul melalui Muqaddimah Laman Web PDUM sehabis kita mengisi data Madrasah dan Siswa.

3. Bagaimana untuk bisa login di APP VDI?

Username dan Password untuk login di APP VDI sama dengan login di Laman uambnbk.kemenag.go.id

4. Bagaimana kalau data saya ada kesalahan di APP VDI?

Solusi: Edit data yang salah tersebut melalui laman PDUM di alamat sikurma.kemenag.go.id/pdum dan lakukan sinkron ulang.

5. Bagaimana Jika sehabis sinkronisasi kemudian logout APP VDI dan ketika login kembali data saya hilang?

Solusi: Lakukan Sinkronisasi dengan benar, kalau terdapat Update Aplikasi VDI, maka langkah sinkronisasi yang pertama kali ialah Update App VDI (Nomor 8). Baru kemudian lakukan sinkronisasi nomor 1 2 3 4 5 6.

6. Proses sinkronisasi UAMBN-BK Berhenti di 30% (ditengah jalan)?

Solusi: Logut Aplikasi VDI dan clear Cache Browser dan Login kembali.

7. Tidak bisa sinkron ERROR FAILED CONNECTION?

Solusi: Clear Cache dan history di browser, Login kembali, dan coba lagi.

8. Tidak sanggup terbubung ke VDI?

Solusi: 

  • Pastikan alamat IP yang di VDI ialah bersegmen 192.168.0.101
  • Matikan Firewall dan Anti Virus
  • Cek Setting Adapter di Virtual Machine; Adapter 1 Untuk Koneksi Internet, Adapter 2 NAT

9. Apakah sinkronisasi berulang-ulang sanggup menghapus data saya?

Tidak, data sebelumnya tidak terhapus dan masih tetap ada di App UAMBNBK selama tidak ada perubahan data di PDUM

10. Kenapa sinkron masih ditutup/dinonaktifkan?

Kewenangan untuk membuka atau menutup saluran sinkronisasi hanya sanggup dilakukan oleh Admin PDUM Kanwil Provinsi, kalau Admin PDUM Kanwil Provinsi telah membuka/mengaktifkan proses sinkron di wilayah madrasah Anda berada maka proses sinkron gres sanggup dilakukan.

11. Bagaimana melaksanakan Cetak Kartu Peserta Siswa?

Cetak Kartu siswa sanggup dilakukan melalui App VDI, dan direkomendasikan menggunakan Browser Google Chrome terbaru (Sebagaimana rekomendasi Tim Helpdesk UAMBNBK Pusat).

12. Kenapa Madrasah saya tidak menerima saluran ke Laman UAMBNBK?

Madrasah tidak menerima saluran ke laman UAMBNBK kalau menggabung (Akreditasi/Non Akreditasi).

13. Apakah Wajib mengisi Email dan No Handphone (HP)?

Email dan nomor hp wajib diisi. Email untuk menjaga user kalau lupa password, maka bisa direset dan dikirim ke email.

14. Untuk Madrasah Penggabung, bagaimana teknis Upload data Siswanya?

Data siswa madrasah penggabung akan di Upload melalui laman PDUM Madrasah yang di Gabungi, Madrasah Pelaksana akan menangani data siswa di madrasahnya sendiri dan siswa yang bergabung di madrasahnya. Dari pelaksanaan hingga hasil akhir.

15. Beberapa Catatan Penting UAMBNBK 2019
  • NISN harus diisi dan dilarang duplikat.
  • NPSN dan NSM harus ada dan dilarang duplikat.
  • Proses kelengkapan data PDUM akan ditutup pada waktu yg akan ditentukan.
  • Untuk masalah tertentu, siswa bisa mengikuti KP walaupun madrasahnya ialah BK.
  • Madrasah bergabung tidak bisa terpecah ke beberapa madrasah pelaksana, hanya boleh satu madrasah pelaksana.
  • Setiap siswa dalam satu madrasah harus mempunyai nomor urut yg berbeda.
16. Soal tidak Keluar ketika SImulasi 1 UAMBNBK

Lakukan SINKRON ULANG SOAL menggunakan Internet Explore, kemudian Logout dan Login lagi menggunakan Chrome.

Demikianlah beberapa pertanyaan, duduk kasus serta solusinya yang telah kami rangkum dari beberapa sumber. Bagi Sobat Proktor dan Teknisi UAMBNBK yang mempunyai permasalahan dan solusi tambahan, silahkan tambahkan pada kolom komentar. Atau merevisi dan menambahi Solusi yang kami tawarkan silahkan juga menambahkan pada kolom komentar.

Related Posts

Post a Comment