7 Fakta Tersembunyi Dari Intan Sebagai Watu Perhiasan

7 Fakta Tersembunyi dari Intan/Diamond sebagai Batu Perhiasan_Batu kristal yang biasa disebut intan ini merupakan satu diantara jenis dari kerikil mulia yang sering dijadikan sebagai bagain dari perhiasan. Intan dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan diamond. Dilihat dari unsur kimianya, intan terdiri dari elemen karbon atau yang dilambangkan abjad ‘C’.
Batu kristal yang biasa disebut intan ini merupakan satu diantara jenis dari kerikil mulia ya 7 Fakta Tersembunyi dari Intan sebagai Batu Perhiasan

Pembentukan Intan terjadi secara alamiah dan dalam waktu yang panjang. Benda mulia yang biasanya menempel pada emas atau perak ini terbentuk dari mineral alami.  Benda kristal ini juga mempunyai daya tahan yang luar biasa terhadap aneka macam jenis pelapukan. Intan juga populer dengan sifatnya yang keras serta bisa membiaskan cahaya. Keunggulan inilah yang menciptakan kerikil mulia ini diguankan sebagai materi perhiasan.

Berikut fakta tersembunyi dan menarik wacana intan yang patut untuk diketahui.

1. Fancy Diamonds
Bagus atau tidaknya sebuah berlian  dapat diketahui dari 4C, yaitu Carat (karat), Clarity (kejelasan), Colorless (warna), dan Cut Quality (kualitas pemotongan. Intan mempunyai aneka macam warna dari coklat, kuning, sampai jernih layaknya kristal. Semakin banyak warna yang terkandung dalam intan maka nilai kerikil mulia ini semakin tinggi. Intan alami mempunyai warna khas dari putih, kuning sampai coklat. Sementara warna lainnya yaitu rona warna pingk biru, unggu merah ataupun orange. Bagi pecinta intan, warna tersebut mempunyai prestisi yang tinggi. Jenisintan dengan rona warna tersebut dinamakan intan glamor atau fancy diamonds.

2. Warna Intan
Intan mempunyai warna yang beragam. Sama ibarat permata lainnya, kerikil mulia krisatal ini memili varian warna dikarenakan ada unsur panas, pengotor sampai radiasi. Warna kuning dihasilkan dari nitrogen di bebatuan. Iradiasi atau proses pemaparan dari pemancaran energi daat menghasilkan warna hijau. Sementara proses tersebut digabungkan dengan pemanasan, maka akan menghasilkan hampir semua jenis warna.

3. Intan dari Luar Angkasa
Bukan hanya beasal dari tambang yang ada di Bumi, intan juga bisa dihasilkan dari luar angkasa. Benda kristal ini sanggup ditemukan di beberapa meteorit (batu meteor yang bisa mencapai permukaan bumi). Intan yang dihasillkan dari proses ini diperkirakan berasal dari tumbukan berpengaruh yang menghasilkan panas dengan tekanan tinggi. Proses ini mempu mengubah karbon yang berasal dari permukaan Bumi menjadi intan.

4. Harga Intan Termahal
Intan dengan harga termahal pernah dibeli seharga 35.300.000 dolar AS atau setara dengan Rp 459 miliyar. Diamond yang dijual tersebut masih berupa intan kasar. Rekor ini didapatkan oleh perusahaan embel-embel terbesar di Hong Kong berjulukan Chow Tai Fook yang membeli intan berjenis ‘Cullinan Heritage. Harga miliyaran tersebut mendapakan intan seberat 507 karat pada tahun 2010.

5. Permata Satu Eleman
Intan merupakan satu diantara permata yang dijadikan sebagai perhisan. Komposisi pembentukan intan sangatlah sederhana. Benda mulia ini hanya terbentuk dari satu senyawa karbon atau dalam unsur kimia dilambangkan dalam abjad ‘C’. Intan merupakan satu-satunya kerikil permata yang tersusun oleh hanya satu elemen. Sementara kalau menemukan unsur lain dalam intan, itu merupakan pengotor yang mempu membantu intan mempunyai warna tertentu.

6. Intan untuk Perhiasan
Kini sudah banyak pengerajin permata yang bisa menyebabkan benda mulia ini sebagai intan sintetis yang dipakai dalam perhiasan. Hasilnya tentu penggalan materi yang ibarat dengan intan alami. Karena kemiripannya, intan jenis ini sulit untuk di bedakan bahkan oleh jago geomologist sekalipun. Satu-satunya cara untuk membedakannya adal dengan menidentifikasi melaui tes labolatorium.

7. Permata dari Panas dan Tekanan
Intan terbentuk dari suhu panas dan tekanan yang tinggi. Batu permata ini tidaklah terbentuk di kedalaman yang damgkal atau permukaan Bumi. Tempat terbentukknya intan berada pada mantel bumi. Lokasi tersebut berada di kedalaman 100 mil atau 160 kilometer dibawah permukaan Bumi.

Demikian wacana 7 Fakta Tersembunyi dari Intan sebagai Batu Perhiasan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment