Cara Menciptakan Dan Menampilkan Nilai Siswa Di Blog Sendiri

Dunia teknologi kian hari semakin berkembang dengan pesat sehingga dunia pendidikan mau tidak mau harus selalu mengikuti perkembangan kala digital tersebut. Internet merupakan salah satu sarana susukan tercepat yang harus dimanfaatkan oleh setiap orang terutama bagi seorang guru dan siswa. Dengan adanya internet ini seorang guru dan siswa sanggup menyebarkan file-file pekerjaannya dengan gampang melalui dunia online. Oleh karenanya, guru sebagai salah satu pelaku di dalam dunia pendidikan sudah semestinya harus melek IT.

Membuat blog memang bukan pilihan utama bagi seorang guru akan tetapi blog sanggup dipakai sebagai alternatif untuk wadah gosip dan sewaktu-waktu sanggup dimanfaatkan untuk sarana pembelajaran.

Seperti contohnya seorang guru ingin membagikan nilai ulangan harian kepada siswanya yang sanggup diakses kapan saja tanpa harus terbatas ruang dan waktu, atau bahkan meminta tugas-tugas online dari siswanya, tentu saja hal ini membutuhkan wadah untuk menyimpan file-file tersebut.

Google Drive ialah salah satu pilihan yang sempurna untuk menyimpan file-file tersebut alasannya ialah selain gratis Google Drive mempunyai kapasitas ruang yang sangat besar sampai 15 GB.

Untuk sanggup menampilkan file file dari Google Drive maka kita membutuhkan wadah sebuah blog sehingga file tersebut sanggup diakses dengan mudah.

Berikut langkah menciptakan dan menampilkan file nilai dari Google Drive ke dalam Blog eksklusif :

Pertama : kita sinkronkan dulu PC atau laptop kita dengan aplikasi Google Drive yang sanggup diakses secara online maupun offline. Jika kita belum menginstal aplikasi Google Drive Maka silakan diinstal terlebih dahulu.

Kedua : kita membutuhkan format evaluasi dalam bentuk Excel. Oleh alasannya ialah itu kita harus menyiapkan format evaluasi tersebut kemudian kita upload ke dalam Google Drive.

Ketiga : otoritas file harus dibentuk publik dengan cara mengaktifkan Link bagika secara publik. Namun dengan pengaturan hanya sanggup dilihat saja sehingga saat ada orang yang mengakses tidak sanggup masuk dan mengedit. Berikut screenshot gambarnya :
Keempat : kita ambil arahan embed sematan file tersebut kemudian kita tempel pada posting di blog. Klik paada hidangan "File" pilih "Publikasikan di web"
Setelah itu akan muncul pilhan pengaturan publikasikan di web
pilih "sematkan" konten yang dipublikasikan sanggup dipilih menurut kategori.. Karena kita akan menampilkan di blog maka copy paste arahan iframe.

Kelima : buka blog ⇒ buat page usang posting ⇒ beri judul Nilai kelas ..... kemudian publish
pola :

Update nilai sanggup dilakukan secara offline dan online. Jika dilakukan secara offline maka kita cukup membuka file yang terhubung ke google drive melalui  PC/Laptop kemudian harus melaksanakan syncron ke google drive. Jika dilakukan secara online maka harus membuka akun google drive. Secara otomatis nilai akan berubah dengan seniri tanpa harus mengedit arahan yang pernah kita sematkan pada blog.

Related Posts

Post a Comment