Pengertian Dan Pola Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme

Pengertian serta  Contoh Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme-Definisi atau Pengertian Simbiosis menurut wikipedia yakni simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat dekat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.Makhluk hidup yang melaksanakan simbiosis disebut simbion. Di wikipedia disebutkan  ada 6 bentuk simbiosis yakni simbiosis mutualisme, parasitisme, komensalisme, amensalisme, kompetisi, dan netralisme.

Definisi atau Pengertian Simbiosis menurut wikipedia yakni s Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme
  • bab: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • materi: Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem 
  • Indikator : Memberikan pola kekerabatan yang dekat antarmakhluk hidup (simbiosis).
  • Menjelaskan alasan terjadinya kekerabatan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut ilustrasi pola yang diberikan
Definisi simbiosis yang termasyhur  diketahui oleh  siswa SD yang merupakan ringkasan atau bentuk paling sederhana dari banyak sekali macam definisi  para hebat  yakni Simbiosis yaitu kekerabatan antara dua jenis makhluk hidup.


Terkait macam-macam simbiosis yang mana di atas sudah disebutkan ada 6 bentuk simbiosis, akan tetapi sesuai standara kompetensi pada  kurikulum 2006 untuk pembelajaran IPA di SD cukup dikenalkan 3 saja yakni simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Mengapa keenam bentuk simbiosis tersebut di atas aku tuliskan di sini? apakah tidak menjadikan kerancuan kalau ada siswa SD yang kebetulan membaca blog ini?, Saya rasa tidak akan menjadikan kerancuan, justru akan menambah wawasan /pengetahuan sehingga akan lebih menyadari bahwa ilmu itu sangat banyak, yang karenanya siswa akan semakin tertantang untung mencari ilmu online di internet.

Pembaca yang baik hati, kembali ke pembahasan 3 bentuk simbiosis yang paling terkenal di jenjang pendidikan  SD, di bawah ini dijelaskan pengertian dan pola dari 3 macam simbiosis tersebut sebagai berikut :
  1. Pengertian Simbiosis Mutualisme-Simbiosis Mutualisme yaitu kekerabatan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan saling menguntungkan. Contohnya kekerabatan antara lebah dengan bunga, yang mana lebah diuntungkan menerima nektar/madu dan bunga diuntungkan dalam proses penyerbukan, pola lain yaitu kekerabatan antara kerbau dengan burung jalak yang mana kerbau diuntungkan hilangnya kutu yang ada pada tubuhnya dan burung jalak beruntung alasannya yaitu menerima masakan berupa kutu yang ada pada kerbau tersebut. Selain kedua pola tersebut masih banyak pola yang lain. 
  2. Pengertian Simbiosis Parasitisme-Simbiosis Parasitisme yaitu hubungan antara dua jenis makhluk hidup di mana yang satu menerima laba sedangkan yang satunya lagi dirugikan. Contohnya parasit dengan tmbuhan yang ditumpangi, yang mana parasit diuntungkan dengan menyerap sari masakan dari tumbuhan yang ditumpanginya sedangkan tumbuhan yang ditumpangi dirugikan alasannya yaitu sari makanannya diserap oleh benalu. Artikel terkait: Berbagai Contoh Simbiosis Parasitisme
  3. Pengertian Simbiosis Komensalisme-Simbiosis Komensalisme yaitu hubungan antara dua makhluk hidup di mana yang satu diuntungkan sedangkan yang satunya lagi tidak diuntungkan dan tidak juga dirugikan. Contohnya ikan remora dengan ikan hiu di mana ikan remora sanggup berlindung dari predator sehingga leluasa dalam mencari makanan, sedangkan ikan hiu tidak menerima laba ataupun kerugian dengan hadirnya ikan remora tersebut.
Demikian perihal Definisi dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment