Jenis-Jenis Sastra ( Genre ); Pengertian Prosa, Puisi, Dan Drama

Jenis-Jenis Sastra ( Genre )- Jenis-jenis sastra disebut jenre/genre sastra. Sastra digolongkan/dikelompokkan menjadi dua kelompok yakni sastra imajinatif dan sastra non imajinatif. Selain itu sastra juga dikelompokkan menjadi dua kelompok sesuai dengan maksud atau tujuan penulis, yakni sastra anak dan sastra dewasa. Maksudnya ada penulis yang menciptakan karya sastra untuk orang dewasa, dan ada yang menulis karya sastra khusus untuk anak-anak.
dikelompokkan menjadi dua kelompok yakni sastra imajinatif dan sastra non imajinatif Jenis-Jenis Sastra ( Genre ); Pengertian Prosa, Puisi, dan Drama
Jenis-Jenis Sastra ( Genre )

1. Sastra Imajinatif
Imajinasi berasal dai kata imagination yang artinya angan-angan atau khayal. Jadi, karaya sastra imajinatif yaitu karya sastra yang ditulis dengan memakai daya khayalnya penulis/pengarang, sehingga dongeng dalam karya sastra imajinatif bukanlah suatu insiden yang sebenarnya.

Karya sastra imajinatif terdiri atas 3 jenis yakni prosa, puisi, dan drama.

a. Pengertian Prosa
Prosa yaitu karya sastra yang ditulis dengan memakai kalimat-kalimat yang disusun susul menyusul. Kalimat yang disusun membentuk kesatuan pikiran menjadi paragraf, paragraf membentuk kepingan atau bagian-bagian, dan seterusnya.

b. Pengertian Puisi
Puisi yaitu karya sastra yang ditulis dengan bentuk larik-larik dan bait-bait.

c. Pengertian Drama
Drama yaitu karya sastra yang ditulis dengan bahasa dalam bentuk dialog. Perbedaan drama dengan puisi dan prosa yaitu terletak pada tujuan penulisan naskah. Naskah drama ditulis dengan tujuan utamanya untuk dipertunjukkan, bukan untuk dibaca dan dihayati menyerupai pada prosa dan puisi.

2. Sastra non imajinatif
Sastra non imajinatif yaitu karya sastra yang ditulis tanpa memakai sifat khayalnya pengarang, sehingga dongeng dalam karya sastra non imajinatif merupakan dongeng yang ditulis menurut dongeng nyata/sebenarnya. Sebagian para andal sastra beropini bahwa sastra non imajinatif bukan termasuk karya sastra.

Demikian wacana Genre Sastra. Semoga bermanfaat

Related Posts

Post a Comment