Robert James Havighurst via http://www.halloffame.outreach.ou.edu/
Robert J. Havighurst menyusun tahap-tahap perkembangan menjadi lima tahap berdasarkan problema yang harus dipecahkan dalam setiap fase., yaitu:
1. Masa bayi / infancy (0 – ½ tahun)
2. Masa anak awal / early childhood (2/3 – 5/7 tahun)
3. Masa anak / late childhood (5/7 tahun – pubesen)
4. Masa adolesense awal / early adolescence (pubesen – pubertas_)
5. Masa adolescence / late adolescence (pubertas – dewasa)
Menurut teori ini, dalam perkembangan, anak melewati delapan tahap perkembangan (developmental stages) ada sepuluh kiprah perkembangan yang harus dikuasai anak pada setiap fase, yaitu:
1). Ketergantungan – kemandirian
2). Memberi – mendapatkan kasih saying
3). Hubungan social
4). Perkembangan kata hati
5). Peran biososio dan psikologis
6). Penyesuaian dengan perubahan badan
7). Penguasaan perubahan tubuh dan motorik
8). Memahami dan mengendalikan lingkungan fisik
9). Pengembangan kemampuan konseptual dan sistem symbol
10). Kemampuan melihat korelasi dengan alam semesta
Dikuasai atau tidaknya kiprah perkembangan pada setiap fase akan mensugesti penguasaan tugas-tugas pada fase berikutnya.
Post a Comment
Post a Comment