Ciri-Ciri Artikel Yang Menarik

Ciri-Ciri Artikel yang Menarik- Artikel yakni karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibentuk untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, website/blog, dan sebagainya ) dan bertujuan memberikan gagasan dan fakta yang sanggup meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Untuk menciptakan artikel yang baik dan menarik kita membutuhkan keterampilan menulis.

Penulis yang baik yakni penulis yang bisa berkomunikasi dengan pembacanya seolah-olah antara penulis dengan pembaca berada pada 1 kawasan atau tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jika goresan pena kita sudah bisa diresapi oleh para pembaca sebagaimana mudahnya saling memahami antara penjual dan pembeli dalam dialog transaksi jual beli di pasar tradisional, di mana pada umumnya antara penjual dan pembeli tersebut belum saling mengenal tetapi dialog dalam transaksi terjadi dengan sangat asyik dan akrab, maka tentunya goresan pena kita sudah bisa dikatakan menarik.

Sahabat yang baik, bagi teman yang dikala ini sedang berguru menciptakan artikel yang baik, contohnya untuk artikel blog, mari kita berguru bersama.

Ciri-Ciri Artikel yang Menarik


Artikel yakni karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibentuk untuk d Ciri-Ciri Artikel yang Menarik

1. Komunikatif ( gampang dipahami/dimengerti )
Agar goresan pena kita gampang dipahami oleh pembaca, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:
  • bahasa yang kita pakai sebaiknya bahasa yang baku
  • jangan pakai istilah-istilah yang sulit, kecuali sasaran pembaca kita yakni khusus pada bidang atau keilmuan tertentu
  • kesesuaian tanda baca. 
2. Topiknya jelas
Topik (bahasa Yunani:topoi) yakni inti utama dari seluruh isi goresan pena yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik yakni hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan menciptakan tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan menciptakan cakupan yang lebih sempit atau lebih luas. Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya yakni topik tersebut harus meliputi keseluruhan isi tulisan, yakni bisa menjawab pertanyaan akan dilema apa yang hendak ditulis. Ciri utama dari topik yakni cakupannya atas suatu permasalahan msih bersifat umum dan tidak diuraikan secara lebih mendetail.

Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan mempunyai persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya yakni baik topik maupun tema keduanya samasama sanggup dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.( 

3. Isi artikel bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya ( cantumkan sumber bacaan/referensi bila kita mengutip artikel dari sumber lain )
Kita sebaiknya tidak ragu dalam mencantumkan referensi, alasannya yakni bila artikel kita merupakan goresan pena hasil kutipan dari sumber lain dan tidak mencantumkan sumbernya, ini akan mengurangi minat baca para pembaca. Mungkin pembaca yang gres 1 kali membaca artikel kita tidak tahu bahwa contohnya artikel yang kita buat hasil copas, akan tetapi sangat mungkin dalam membaca yang kedua kalinya merea akan tahu juga. 

4. Judul menarik
Judul artikel harus menarik, artinya harus sesuai dengan topik artikelnya. Jangan hingga kita menciptakan judul menarik tapi tidak sesuai dengan topik yang kita bahas.

5. Unik
Artikel yang unik itu tidak harus sebuah artikel yang luar biasa dan langka. Artikel unik merupakan artikel yang bersama-sama lebih banyak didominasi pembaca mengetahui dan meyakini akan kebenaran suatu permasalahan, akan tetapi mereka merasa lebih paham sehabis membaca artikel kita.

6. Asli
Asli bukan orisinil tapi palsu (aspal). Boleh copas juga, biasanya bab artikel yang perlu dicopas yakni mengenai pengertian/definisi perihal sesuatu dan hal-hal yang perlu rujukan lainnya. 

7. Bermanfaat
Artikel kita bermanfaat atau diperlukan banyak orang.  salah satu ciri artikel yang bermanfaat yakni artikel yang bermuatan positif.

Demikian Ciri-Ciri Artikel yang Menarik. Semoga bermanfaat

Related Posts

Post a Comment