Upadate:
Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik versi 2018.b Patch 2.0 :
- Perbaikan pada dikala perubahan data Unit Usaha Kerjasama pada MoU Kerjasama
- Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur sanggup diubah manual pada Peserta Didik
- Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur sanggup diubah manual pada GTK
- Perbaikan bugs pada dikala penambahan program/komptensi dilayani untuk SMA/SMK
- Perbaikan bugs pada dikala perubahan data rombongan belajar
- Perbaikan bugs pada dikala perubahan prasarana
- Perbaikan pada security aplikasi
Arsip:
Daftar Perubahan (Pembaruan dan Perbaikan) Dapodik Versi Terbaru 2018b
A. Daftar Pembaruan Dapodik Versi 2018.b Tahun Pelajaran 2017/2018 Semester 2:
1. Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK yang menginduk disekolah negeri namun berstatus kepegawaian sebagai GTY
GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun mempunyai status kepegawaian GTY akan mengakibatkan invalid pada hidangan validasi lokal. Diharapkan sekolah sanggup mengusut kembali isian data milik GTK tersebut. Jika belum ada perubahan, sekolah tidak sanggup melaksanakan sinkronisasi.
2. Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada Peserta Didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penginputan tanggal masuk penerima didik. Validasi ini membandingkan isian tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran yang terdapat pada tabel pendaftaran penerima didik.
3. Penonaktifan untuk perubahan data GTK kalau status satuan manajemen pangkal (SATMINKAL) ada disekolah non induk
Fitur ini ditambahkan semoga data yang dikirimkan konsisten khususnya bagi guru yang mengajar di lebih dari 1 sekolah/satminkal. Perubahan identitas pokok hanya sanggup dilakukan melalui sekolah induk. Adapun di sekolah non induk hanya sanggup mengisi penugasan, pembelajaran, kiprah perhiasan dan nilai.
4. Penambahan validasi pada jenjang Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
Validasi ini ditambahkan untuk mengakomodir rasio jumlah wakil kepala sekolah dengan jumlah rombel yang di sekolah tersebut khusus untuk jenjang Sekolah Menengan Atas dan SMK. Tiap 9 (sembilan) rombel berbanding dengan 1 (satu) wakil kepala sekolah:
- 1-2 rombel = wakil kepala sekolah tidak diakui
- 3-9 rombel = 1 wakil kepala sekolah
- 10-18 rombel = 2 wakil kepala sekolah
- 19-27 rombel = 3 wakil kepala sekolah
- >27 rombel = 4 wakil kepala sekolah
Fitur ini ditambahkan untuk memudahkan pengguna dalam pengisian password pada fitur akun GTK yang terdapat di tabel penugasan. Fitur ini sanggup menampilkan password yang tersembunyi.
6. Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan di luar struktur kurikulum yang berlaku
Validasi ini ditambahkan untuk meminimalisir penginputan mata pelajaran yang tidak seharusnya berada pada struktur kurikulum yang berlaku di aplikasi dapodik. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah penginputan data memakai aplikasi diluar aplikasi dapodik
7. Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan berguru kalau pembelajaran sudah terisi
Hal ini dilakukan untuk meminimalisir manipulasi data. Dengan adanya pembaruan ini, rombongan berguru yang sudah terisi pembelajarannya tidak sanggup diubah tingkat pendidikan, kurikulum dan isian jurusan. Jika pengguna memaksa melaksanakan hal tersebut, maka akan tampil peringatan Peringatan validasi pada tabulasi Rombongan Belajar
Jika pengguna ingin mengubah tingkat pendidikan, kurikulum, dan isian jurusan maka pengguna wajib mengosongkan pembelajaran dengan cara menghapus satu persatu isian pembelajaran.
8. Penambahan kolom lintang dan bujur pada PTK
9. Penambahan kolom lintang dan bujur pada Peserta Didik
10. Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
11. Perubahan hidangan utama
12. Penambahan pada rombongan berguru untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
13. Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi penerima didik
14. Penambahan fitur cek isu terkait profil guru dan tendik
15. Perubahan, adaptasi dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi.
Dengan adanya versi terbaru aplikasi adalah 2018.b, maka diharapkan juga adaptasi dan penyempurnaan struktur database dengan front-end (UI) aplikasi Dapodikdasmen semoga memudahkan pengguna dalam melaksanakan penginputan. Di versi 2018.b ini, struktur database sudah memakai versi 2.70 (sebelumnya versi 2.63 pada aplikasi Dapodikdasmen 2018.a).
B. Daftar Perbaikan Dapodik Versi 2018.b Tahun Pelajaran 2017/2018 Semester 2:
1. Penonaktifan tambah GTK untuk provinsi Papua dan Papua Barat
2. Pengaktifan kembali hidangan nilai
Penginputan isian nilai untuk semester genap kembali diaktifkan. Untuk sekolah dengan jenjang SD memakai input nilai pada aplikasi Dapodikdasmen , sementara untuk jenjang SMP/SMA/SMK memakai aplikasi erapor yang telah disediakan oleh direktorat training masing-masing. Hasil penginputan erapor sanggup pribadi dimasukkan atau tersinkronisasi dengan aplikasi Dapodikdasmen .
3. Perbaikan, adaptasi dan penyempurnaan fitur penginputan nilai
Menu penginputan nilai telah disempurnakan dan diubahsuaikan dengan keadaan dilapangan. Untuk jenjang SMP/SMA/SMK adaptasi dilakukan dengan aplikasi erapor. Sementara untuk jenjang SD penginputan tetap memakai aplikasi Dapodikdasmen .
4. Perbaikan security aplikasi
Untuk mencegah terjadinya manipulasi serta kerusakan data yang disebabkan penggunaan aplikasi diluar Dapodikdasmen . Pada aplikasi versi 2018.b system keamanan telah ditingkatkan semoga pendataan lebih optimal dan menghasilkan data yang valid.
5. Optimalisasi aplikasi
Optimalisasi aplikasi Dapodikdasmen dasmen versi 2018.b dilakukan untuk menyempurnakan proses penginputan serta pengiriman data semoga lebih valid dan gampang di pergunakan. Serta memperbaiki penggalan dari aplikasi yang selama ini belum sempurna.
6. Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
Perbaikan aplikasi Dapodikdasmen pada hidangan pembelajaran untuk jenjang Sekolah Menengan Atas dikala menambah mata pelajaran diluar dari jam wajib.
Post a Comment
Post a Comment