Proses Yang Benar Mengaktifkan Guru Pais Di Simpatika 2019

Bagi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah (PAIS) yang bernaung di lingkungan Kemdikbud, namun untuk pengolaan data GTK sertifikasinya di lingkungan Kemenag maka mengikuti aplikasi Simpatika.
Bagi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah  Proses Yang Benar Mengaktifkan Guru PAIS di Simpatika 2019
Meskipun sama pengelolaan data GTK nya di Simpatika namun antara Guru Agama dengan Guru Pendidikan Agama Islam sedikit berbeda cara proses aktivasinya.

Agar guru PAIS terdaftar aktif di SIAP tahun 2018 / 2019 - Semester 2, harus menyelasaikan beberapa tahapan dibawah ini biar Anda :
  1. Aktifkan Portofolio Anda
  2. Cetak Kartu Digital
Mengaktifkan Portofolio yakni dengan mengisi jadwal mengajar guru agama yaitu proses awal yang harus dilalui terlebih dulu. Jika proses ini belum anda lakukan maka Anda belum dapat mencetak kartu keaktifan digital Anda.

Seperti yang saya singgung diatas, ada perbedaan antara guru agama dengan guru pendidikan agama islam dalam hal mengisi jadwal pelajaran yang terkait dengan portofolio.

Untuk guru agama jadwal pelajaran secara otomatis akan di isikan oleh operator Simpatika melalui akun sekolah. Sedangkan untuk guru pendidikan agama islam harus mengisi jadwal guru agama secara berdikari melalui akun Simpatikanya.

Bagimana mengaktifkan portofolio untuk guru pendidikan agama islam?

Berikut langkahnya:
1. Silahkan login ke akun Simpatika Anda.
2. Pada Jadwal Mengajar di Sekolah Kemendikbud.
Bagi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah  Proses Yang Benar Mengaktifkan Guru PAIS di Simpatika 2019
  1. Tekan pada sajian "jadwal mengajar guru Agama"
  2. Pilih semester berjalan (Semester 2 2018/2019). Menu semester ini akan tampil bila sudah diaktifkan oleh operator Simpatika Sekolah Anda.
  3. Tekan tanda "PLUS" untuk memulai mengisi JJM per kelas (Maksimal JJM Guru PAI yaitu 5 Jam)
3. Setelah portofolio Anda final dibentuk silahkan kembali ke sajian "Keaktifan". Sebelum mencetak kartu digital, silahkan lihat dulu gosip jadwal mengajar Anda untuk memastikan kevalidan data. Jika masih terjadi kesalahan silahkan edit kembali.

4. Cetak kartu digital. Kartu Digital sebagai tanda bukti keaktifan Anda di semester aktif ketika ini.

Jika proses diatas Anda lalui dengan benar selanjutnya Anda dapat melaksanakan verval data GTK ke admin Kemenag.

Related Posts

Post a Comment