kurikulum 2013 agama kristen - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 Revisi. Berkaitan dengan memasuki tahun pemikiran gres 2018/2019 khususnya semester 1 dan sebentar lagi menuju semester 2 baik untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK/Sederajat. Berikut admin bagikan mengenai kurikulum 2013 agama kristen : RPP AGAMA KRISTEN Sekolah Menengah Pertama REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )
Satuan Pendidikan : SMP ------------------------
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VII (Tujuh) / 1
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
Ki.1: Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
Ki.2: Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Ki.3:Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Ki.4:Mengolah, menyaji, dan menalar, dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetens
1.1 Menghayati arti peduli dan solidaritas bagi sesama manusia.
2.1 Menghargai kemajemukan masyarakat disekitar kita sebagai wujud
solidaritas.
3.1 Menerapkan solidaritas sosial yang dilakukan bagi sesama
mengacu pada pemikiran Tuhan Yesus.
4.1 Membiasakan diri bersikap solider terhadap sesama dalam berbagai
bentuk dan cara.
C. Indikator
1.1.1 Menjelaskan arti peduli dan solidaritas
2.1.1 Mengidentifikasi alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai
masyarakat majemuk
3.1.1 Menceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah Orang Samaria yang baik hati dalam Lukas 10: 25-37.
3.1.2 Menjelaskan sikap yang perlu di teladani dari kisah orang Samaria.
3.1.3 Mengeksplorasi pola sikap solidaritas di tengah masyarakat beragam berdasarkan pengalaman yang pernah dialami penerima didik.
3.1.4 Mengeksplorasi sikap solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
4.1.1 Merancang jadwal aktivitas sosial yang dilakukan ditengah
masyarakat yang majemuk
4.1.2 Melaksanakan jadwal aktivitas sosial dalam kiprah proyek selama seminggu.
4.1.3 Mempresetasikan hasil kiprah proyek melaksanakan aktivitas sosial
perkelompok.
D. Materi Pembelajaran
Membangun Solidaritas di tengah Masyarakat Yang Majemuk
E. Sumber Belajar
· Alkitab
· Buku Siswa dan Buku guru
· Situs Internet
· Lingkungan Masyarakat sekitar
· Sumber mencar ilmu lain yang mendukung
F. Media dan Alat Pembelajaran
· Slide Power Point
· Film Cerita Daud dan Yonatan, naskah drama Orang Samaria yang murah hati
· Bahan Tugas Proyek mengunjungi Panti sosial.
G. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
1) Pendahuluan ( 10 menit )
- Peserta didik memberi salam kepada Guru
- Guru mengecek kehadiran penerima didik
- Doa Pembukaan
- Bernyanyi : “ Oh Betapa Indahnya, dan betapa eloknya bila saudara hidup dalam persatuan”
- Apersepsi pemahaman penerima didik wacana bahan yang kemudian wacana Solidaritas di tengah kehidupan Jemaat yang pertama.
2) Kegiatan Inti ( 100 menit )
- Peserta didik menjelaskan arti peduli dan solidaritas
- Mengidentifikasi alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat majemuk.
- Memahami arti solidaritas dalam masyarakat majemuk.
- Menanya dan menceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah orang Samaria yang murah hati dalam Lukas 10: 25-37.
- Menanya dan menjelaskan sikap yang perlu di tauladani dari kisah orang Samaria yang baik hati.
- Mengeksplorasi dan membuatkan pengalaman wacana pola sikap solidaritas di tengah masyarakat beragam berdasarkan pengalaman yang pernah dialami penerima didik.
- Mengeksplorasi dan menyebutkan sikap solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
- Merancang jadwal aktivitas sosial yang dilakukan ditengah masyarakat yang majemuk.
- Melaksanakan jadwal aktivitas sosial dalam kiprah proyek selama seminggu.
- Mempresetasikan hasil kiprah proyek melaksanakan aktivitas sosial per-kelompok.
3) Penutup ( 10 menit )
- Peserta didik dan Guru menciptakan kesimpulan wacana arti serta pola sikap solidaritas dalam masyarakat majemuk.
- Berdoa dipimpin oleh Peserta didik.
H. Penilaian
1) Pengetahuan : Tes Lisan dan Tes Tertulis
Jawablah dengan uraian yang terperinci dan sempurna !
1. Jelaskan arti peduli dan solidaritas !
2. Mengapa masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat majemuk?
3. Ceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah Orang Samaria yang baik hati dalam Lukas 10: 25-37 !
4. Jelaskan sikap yang perlu di tauladani dari kisah orang Samaria!
5. Sebutkan dua pola sikap solidaritas di tengah masyarakat beragam berdasarkan pengalaman yang pernah dialami penerima didik!
Penilaian = scor yang diperoleh X 100
10
Contoh : 8 x 100 = 80
10
2) Penilaian Diri : Angket
Dibawah ini sikap yang berkaitan dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk.
Tentukan pilihanmu, apakah sikap-sikap tersebut salah atau benar. Berilah tanda √ ( ceklis) pada sikap yang berdasarkan kau benar atau salah !
No. | Pernyataan | Benar | Salah |
1. | Ketika terjadi banjir di lingkungan tempat tinggalmu kebetulan rumahmu tidak terkena banjir. Keluargamu memutuskan untuk menolong korban banjir. Tapi yang akan ditolong hanya orang yang beragama Nasrani dan sama sukunya dengan keluargamu. Apakah sikap ini benar jikalau dikaitkan dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk? | ||
2. | Ketika pulang sekolah dengan teman-teman, di jalan ada seorang kakek minta tolong pada kalian untuk mengantarnya ke mesjid terdekat, teman-temanmu tidak mau menolong alasannya yaitu kakek itu bukan orang Kristen. Akhirnya kau sendiri yang mengantar kakek itu alasannya yaitu semua temanmu meninggalkanmu. | ||
3. | Ada sahabat yang mengajak kau dan teman-teman lain untuk menciptakan kelompok yang hanya terdiri dari berakal balig cukup akal yang agamanya sama dan sama-sama kaya. | ||
4. | Kamu tahu bahwa temanmu yang beragama Islam tengah menjalani puasa di bulan Ramadhan tetapi kau makan makanan yang enak di depan dirinya. | ||
5. | Di tempatmu terjadi kekacauan alasannya yaitu ada seorang pendatang dari kawasan lain yang menyakiti penduduk setempat. Orang di lingkungan desamu mencari semua orang yang berasal dari kawasan yang sama dengan orang itu untuk melaksanakan pembalasan. |
(Masing- masing nomor memperoleh skor 10)
Penilaian : Skor yang diperoleh x 100
100
Contoh : 70 x 100 = 70
10
3) Ketrampilan : Membuat Program aktivitas sosial, Melaksanakan
proyek kerja aktivitas sosial di tengah masyarakat
majemuk.
LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN
PENILAIAN TUGAS PROYEK
Nama Kelompok : ………………….....
Anggota : ……………………. …………………..
……………………. …………………..
Kelas / Semester : …………………….
Materi : Membangun solidaritas di Tengah
Masyarakat Majemuk
No | Tahap | Indikator | Nilai (1-4) |
1. | Perencanaan | Ø Menentukan proyek Ø Merancang langkah-langkah kunjungan dari awal hingga tamat Ø Menyusun Jadwal pelaksanaan | |
2. | Pelaksanaan Laporan | Ø Menyelesaikan proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru Ø Mempresentasikan hasil proyek kunjungan | |
3. | Laporan Proyek | Ø Evaluasi Proses Ø Evaluasi hasil Ø Kesan dan pengalaman kepercayaan yang diperoleh |
Skor : Jumlah skor yang diperoleh X 100
Skor Maksimal
Rubrik Penilaian :
No | Tahap | Indikator | Ya | Tidak |
1. | Perencanaan 1) Merancang langlah-langkah kunjungan dari awal hingga tamat 2) Menyusun Jadwal pelaksanaan | Apakah aktivitas dan judul kunjungan Sosial sesuai yang diinformasikan ? Apakah jadwal yang disusun sesuai dengan yang dilaksanakan? | ||
2. | Pelaksanaan Laporan 3) Menyelesaikan proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru 4) Mempresentasikan hasil proyek kunjungan | Apakah jadwal pelaksanaan sudah direncanakan dengan matang? Apakah terdapat kerjasama yang kerja baik dalam kelompok mengunjungi Panti social ? | ||
3. | Laporan Proyek 5) Evaluasi Proses Evaluasi hasil Kesan dan pengalaman kepercayaan yang diperoleh | Apakah pengalaman iman didapatkan ? |
Jakarta, ..................
Mengetahui :
Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama …………… Guru Agama Kristen
…………………………………… ……………………………..
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah :
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
Demikian artikel blog Kurikulum 2013 Revisi terkait dengan kurikulum 2013 agama kristen : RPP AGAMA KRISTEN Sekolah Menengah Pertama REVISI
Post a Comment
Post a Comment