Kurikulum 2013 Agama Kristen : Rpp Agama Kristen Smp Revisi



kurikulum 2013 agama kristen - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 Revisi. Berkaitan dengan memasuki tahun pemikiran gres 2018/2019 khususnya semester 1 dan sebentar lagi menuju semester 2 baik untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK/Sederajat. Berikut admin bagikan mengenai kurikulum 2013 agama kristen : RPP AGAMA KRISTEN Sekolah Menengah Pertama REVISI
 Berkaitan dengan memasuki tahun pemikiran gres  kurikulum 2013 agama kristen : RPP AGAMA KRISTEN Sekolah Menengah Pertama REVISI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )

Satuan Pendidikan      : SMP ------------------------
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : VII (Tujuh) /  1
Alokasi Waktu              :  6 Jam Pelajaran

A.   Kompetensi Inti
Ki.1: Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
Ki.2: Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab,                peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi          secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan                  pergaulan dan keberadaannya.
Ki.3:Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual, dan                 prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan,            teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Ki.4:Mengolah, menyaji, dan menalar, dalam ranah konkrit (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai        dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut      pandang/teori.

B.   Kompetens
1.1 Menghayati arti peduli dan solidaritas bagi sesama manusia.
2.1 Menghargai kemajemukan masyarakat disekitar kita sebagai wujud
     solidaritas. 
3.1 Menerapkan solidaritas sosial yang dilakukan bagi sesama
      mengacu pada pemikiran Tuhan Yesus.
4.1  Membiasakan diri bersikap solider terhadap sesama dalam berbagai
     bentuk dan cara.

C.   Indikator
1.1.1      Menjelaskan arti peduli dan solidaritas
2.1.1  Mengidentifikasi  alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai
         masyarakat majemuk
3.1.1   Menceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui          kisah Orang Samaria yang baik hati  dalam Lukas 10: 25-37.
3.1.2   Menjelaskan sikap yang perlu di teladani dari kisah orang Samaria.
3.1.3   Mengeksplorasi  pola sikap solidaritas di tengah masyarakat beragam                berdasarkan pengalaman yang pernah dialami penerima didik.
3.1.4   Mengeksplorasi sikap solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
4.1.1  Merancang jadwal aktivitas sosial yang dilakukan ditengah
  masyarakat yang majemuk
4.1.2 Melaksanakan jadwal aktivitas sosial dalam kiprah proyek selama                       seminggu.
4.1.3 Mempresetasikan hasil kiprah proyek melaksanakan aktivitas sosial
perkelompok.

D.  Materi Pembelajaran
Membangun Solidaritas di tengah Masyarakat Yang Majemuk

E.   Sumber Belajar
·         Alkitab
·         Buku Siswa dan Buku guru
·         Situs Internet
·         Lingkungan Masyarakat sekitar
·         Sumber mencar ilmu lain yang mendukung

F.   Media dan Alat Pembelajaran
·         Slide Power Point
·         Film Cerita Daud dan Yonatan, naskah drama Orang Samaria yang murah hati
·         Bahan Tugas Proyek mengunjungi Panti sosial.

G.  Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
       1)   Pendahuluan       ( 10 menit )
-          Peserta didik  memberi salam kepada Guru
-          Guru mengecek kehadiran penerima didik
-          Doa Pembukaan
-          Bernyanyi : “ Oh Betapa Indahnya, dan betapa eloknya bila saudara hidup dalam persatuan”
-          Apersepsi pemahaman penerima didik wacana bahan yang kemudian wacana Solidaritas di tengah kehidupan Jemaat yang pertama.
2)   Kegiatan Inti       ( 100 menit )
-       Peserta didik  menjelaskan arti peduli dan solidaritas
-       Mengidentifikasi  alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat majemuk.
-       Memahami arti solidaritas dalam masyarakat majemuk.
-       Menanya dan menceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah orang Samaria yang murah hati  dalam Lukas 10: 25-37.
-       Menanya dan menjelaskan sikap yang perlu di tauladani dari kisah orang Samaria yang baik hati.
-          Mengeksplorasi  dan membuatkan pengalaman wacana pola sikap solidaritas di tengah masyarakat beragam berdasarkan pengalaman yang pernah dialami penerima didik.
-          Mengeksplorasi dan menyebutkan sikap solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
-          Merancang jadwal aktivitas sosial yang dilakukan ditengah masyarakat yang majemuk.
-          Melaksanakan jadwal aktivitas sosial dalam kiprah proyek selama seminggu.
-          Mempresetasikan hasil kiprah proyek melaksanakan aktivitas sosial per-kelompok.
           3)    Penutup    ( 10 menit )
-          Peserta didik dan Guru menciptakan kesimpulan wacana arti serta pola sikap solidaritas dalam masyarakat majemuk.
-          Berdoa dipimpin oleh Peserta didik.

H.  Penilaian 
1)   Pengetahuan                : Tes Lisan dan Tes Tertulis
Jawablah dengan uraian yang terperinci dan sempurna !
1.   Jelaskan arti peduli dan solidaritas !
2.   Mengapa masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat majemuk?
3.   Ceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui              kisah Orang Samaria yang baik hati  dalam Lukas 10: 25-37 !
4.   Jelaskan sikap yang perlu di tauladani dari kisah orang Samaria!
5.   Sebutkan dua pola sikap solidaritas di tengah masyarakat beragam                  berdasarkan pengalaman yang pernah dialami penerima didik!

Penilaian = scor yang diperoleh  X 100
                        10

Contoh :     8 x 100       = 80
                   10
2)   Penilaian Diri                : Angket

Dibawah ini sikap yang berkaitan dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk.
Tentukan pilihanmu, apakah sikap-sikap tersebut salah atau benar. Berilah tanda √ ( ceklis) pada sikap yang berdasarkan kau benar atau salah !


No.

Pernyataan

Benar

Salah

1.    
Ketika terjadi banjir di lingkungan tempat tinggalmu kebetulan rumahmu tidak terkena banjir. Keluargamu memutuskan untuk menolong korban banjir. Tapi yang akan ditolong hanya orang yang beragama Nasrani dan sama sukunya dengan keluargamu. Apakah sikap ini benar jikalau dikaitkan dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk?


2.    
Ketika pulang sekolah dengan teman-teman, di jalan ada seorang kakek minta tolong pada kalian untuk mengantarnya ke mesjid terdekat, teman-temanmu tidak mau menolong alasannya yaitu kakek itu bukan orang Kristen. Akhirnya kau sendiri yang mengantar kakek itu alasannya yaitu semua temanmu meninggalkanmu.


3.    
Ada sahabat yang mengajak kau dan teman-teman lain untuk menciptakan kelompok yang hanya terdiri dari berakal balig cukup akal yang agamanya sama dan sama-sama kaya.


4.    
Kamu tahu bahwa temanmu yang beragama Islam tengah menjalani puasa di bulan Ramadhan tetapi kau makan makanan yang enak di depan dirinya.


5.    
Di tempatmu terjadi kekacauan alasannya yaitu ada seorang pendatang dari kawasan lain yang menyakiti penduduk setempat. Orang di lingkungan desamu mencari semua orang yang berasal dari kawasan yang sama dengan orang itu untuk melaksanakan pembalasan.


(Masing- masing nomor memperoleh skor  10)

Penilaian :           Skor yang diperoleh x 100
                             100

Contoh :     70 x 100     = 70
                   10
                  
3)   Ketrampilan        : Membuat Program aktivitas sosial, Melaksanakan
  proyek kerja  aktivitas sosial di tengah masyarakat
  majemuk.

LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN
PENILAIAN TUGAS PROYEK
Nama  Kelompok        :         ………………….....
Anggota                        :         …………………….            …………………..
                                              …………………….            …………………..
Kelas / Semester         :         …………………….
Materi                          : Membangun solidaritas di Tengah
  Masyarakat Majemuk


No

Tahap

Indikator

Nilai
(1-4)
1.
Perencanaan
Ø Menentukan proyek
Ø Merancang langkah-langkah kunjungan dari awal hingga tamat
Ø Menyusun Jadwal pelaksanaan

2.
Pelaksanaan Laporan
Ø Menyelesaikan proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru
Ø Mempresentasikan hasil proyek kunjungan

3.
Laporan Proyek
Ø Evaluasi Proses
Ø Evaluasi hasil
Ø Kesan dan pengalaman kepercayaan yang diperoleh


Skor : Jumlah skor yang diperoleh X 100
                             Skor Maksimal
Rubrik Penilaian :


No

Tahap

Indikator

Ya

Tidak
1.
Perencanaan
1) Merancang langlah-langkah kunjungan dari awal hingga tamat
2) Menyusun Jadwal pelaksanaan
Apakah aktivitas dan judul kunjungan Sosial sesuai  yang diinformasikan ?


Apakah jadwal yang disusun sesuai dengan yang dilaksanakan?


2.
Pelaksanaan Laporan
3) Menyelesaikan proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru
4) Mempresentasikan hasil proyek kunjungan


Apakah jadwal pelaksanaan sudah direncanakan dengan matang?

Apakah  terdapat kerjasama yang  kerja baik dalam kelompok mengunjungi Panti social ?


3.
Laporan Proyek
5) Evaluasi Proses
Evaluasi hasil
Kesan dan pengalaman kepercayaan yang diperoleh

Apakah pengalaman iman  didapatkan ?




Jakarta, ..................     

Mengetahui :                                             
          Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama ……………                          Guru Agama Kristen

         


          ……………………………………                             ……………………………..
          NIP.                                                                      NIP.



Catatan  Kepala Sekolah :

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
Demikian artikel blog Kurikulum 2013 Revisi terkait dengan kurikulum 2013 agama kristen : RPP AGAMA KRISTEN Sekolah Menengah Pertama REVISI

Related Posts

Post a Comment