Cara Menuntaskan Soal Kisah Perihal Operasi Hitung Adonan Bilangan Cacah

Cara Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah-Sebelumnya aku telah mengembangkan wacana Cara Menentukan Hasil Operasi Hitung Bilangan Cacah dan Bank Soalnya, kali ini aku akan mengembangkan wacana Soal Cerita yang terkait operasi hitung adonan bilangan cacah. Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengerjakannya ialah paling tidak sudah menguasai beberapa keterampilan matematika menyerupai keterampilan berhitung perkalian 1-100 musti sudah di luar kepala, keterampilan  menjumlahkan menyimpan, terampil mengurangkan meminjam,  terampil perkalian bersusun ke bawah, terampil pembagian, dan terampil menciptakan kalimat matematika, serta meahami prinsip operasi hitung campuran.
Baca  juga: Ketentuan Urutan Pengerjaan Operasi Hitung Campuran
Soal Cerita sering menjadi momok para Siswa khususnya bagi para siswa SD padahal soal dongeng bergotong-royong soal yang mengasyikan, akan tetapi memang dalam mengerjakan soal dongeng harus sudah mempunyai dasar keterampilan matematika menyerupai yang aku sebutkan di atas. Selain keterampilan matematika, keterampilan Bahasa Indonesia juga tidak kalah pentingnya alasannya ialah apabila mengerjakan soal dongeng akan tetapi pemahaman wacana ilmu bahasa Indonesianya kurang andal maka akan menjadi salah satu penghambat dalam memahami soal, sebagai referensi apabila siswa kemampuan membacanya dalam hal ini intonasi membacanya masih kurang maka dalam meresapi soal dongeng menjadi kurang maksimal juga.
Adapun Cara Menyelesaikan Soal Cerita wacana Operasi Hitung  Campuran Bilangan  Cacah diantaranya sebagai berikut :
  1. Baca dengan seksama dan berulang kali sehingga kalimat perintah/pertanyaan benar-benar dipahami. Operasi Hitung Penjumlahan,biasanya pada soal dongeng yang memuat kata/kalimat dibelikan/membeli lagi, diberi, ditambah, dan kata-kata sejenisnya. Operasi Hitung Pengurangan biasanya terdapat pada soal dongeng dalam bentuk kata diberikan, dikurangi, dimakan, pecah, hilang, dan kata-kata sejenisnya. Pembagian biasanya terdapat pada soal dongeng dalam kata/kalimat dibagikan, dibagikan sama banyak, dimasukkan sama banyak, dan kata/kalimat sejenisnya. Perkalian biasanya ada pada soal dongeng dalam kata/kalimat setiap, masing-masing berisi, dan kata-kata sejenisnya.
  2. Setelah paham wacana pertanyaan yang ada pada soal cerita, maka tulislah soal dongeng tersebut ke dalam bentuk soal/kalimat matematika.
  3. Kerjakan sesuai ketentuan pengerjaan operasi hitung campuran.
Bank Soal wacana Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah :
  1. Mas Afri mempunyai 16 kantong kelereng. Setiap kantong berisi 15 butir kelereng. Kelereng-kelereng tersebut dibagikan kepada 12 temannya. Jika semua kelereng dibagikan sama banyak, maka setiap temannya akan mendapatkan ... kelereng.
  2. Kemarin Bu Eka membeli gula pasir 60 kg, lalu  hari ini membeli lagi 75 kg. Bu Emon berencana membagikan semua gula pasir yang telah dibeli tersebut sama banyak kepada tetangga yang membutuhkan. Jika jumlah orang yang menerima bab dari bu Emon ada  15 orang, maka gula pasir yang diterima oleh setiap orang ialah ...kg.
  3. Amin mempunyai 5 bungkus permen. Seiap bungkus berisi 36 butir prmen. Permen tersebut dibagikan sama banyak kepada 45 temannya. Setiap sahabat Amin memperoleh ... butir.
  4. Pak Ridwan mempunyai persediaan 20 rambutan. Beliau membeli lagi 5 kardus rambutan. Seiap kardus berisi 108 rambutan. Semua rambutan akan dikemas kembali dalam kantong plastik. Jika setiap kantong plastik berisi 10 rambutan, banyak kantong plastik yang diharapkan ada ... kantong.
  5. Hari ini Bu Salma memanen buah mangga sebanyak 24 keranjang. Setiap keranjang berisi 18 buah mangga. Sebanyak 13 keranjang dijual ke Pak Trisno, sisanya akan dijual ke pasar. Banyak buah mangga yang akan dijual di pasar ialah ... buah.
Newer Older

Related Posts

Post a Comment