Resep Ayam Goreng Kuning Ala Sunda


 Apa coba hubungannya ayam goreng dengan serial Upin dan Ipin Resep Ayam Goreng Kuning Ala Sunda

Halo Pelanggan Rajasoal.com- Resep Ayam Goreng Kuning Ala Sunda
 
Ada yang suka nonton Upin dan Ipin? Apa coba hubungannya ayam goreng dengan serial Upin dan Ipin?  Betul, ayam goreng yaitu makanan kesukaan Upin dan Ipin . Namun, aku rasa hampir semua orang suka ayam goreng. Termasuk keluarga aku yaitu penikmat ayam goreng. Selain lezat, resep ayam goreng juga gampang di buat. Kalau menciptakan ayam goreng aku tidak menyuruh sama istri tapi aku buat sendiri. Nah kali ini aku akan membuatkan resep ayam goreng kuning ala Sunda, kebetulan aku orang Sunda. Hehehe…
 
Resep ayam goreng bergotong-royong banyak macamnya. Namun aku mencoba menciptakan resep ayam goreng kuning ala Sunda. Artinya rasanya aku sesuaikan dengan pengecap orang Sunda. Tapi aku jamin walaupun Anda bukan orang Sunda niscaya menyukai ayam goreng kuning ini.
 
Bahan-bahan Resep Ayam Goreng Kuning Ala Sunda
  • 500 gram Ayam Segar, potong sedang atau sesuai kebutuhan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 500 ml air atau secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1 Sendok Makan Air lemon
Bumbu Halus Resep Ayam Goreng Kuning Ala Sunda
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangria
  • 2 sendok teh ketumbar, sangria
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 8 cm kunyit, bakar
Cara Membuat Resep Ayam Goreng Kuning Ala Sunda
  • Rendam ayam yang sudah dipotong dengan air yang dicampur 1 sendok makan air lemon, biarkan kurang lebih 15-30 menit.
  • Cuci higienis ayam yang sudah direndam kemudian tiriskan
  • Haluskan bumbu-bumbu di atas (bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, ketumbar sangrai, lengkuas, jahe, dan kunyit).
  • Lumuri ayam dengan bumbu halus tersebut, air, garam, dan gula pasir, kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam hingga bumbu meresap.
  • Ungkep ayam dengan api sedang, tambahkan daun salam, dan serai, aduk rata kemudian masak hingga matang dan air menyusut. Lalu angkat dan dinginkan.
  • Panaskan minyak, goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan nasi putih, sambal goreng dan lalapan.
Resep ayam goreng kuning ala Sunda di atas cukup untuk 3 porsi. Kaprikornus kalau keluarga Anda besar silahkan diadaptasi saja. Ukuran/takaran resep ayam goreng kuning ala Sunda di atas tidak bersipat mutlak. Anda dapat berkreasi dan sesuaikan dengan selera keluarga Anda.

Related Posts

Post a Comment