Cara Memandikan Bayi Gres Lahir Dan Perawatan Tali Pusat

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat_Memiliki bayi ialah harapan dari setiap pasangan suami istri. Sebagai individu yang masih belum sanggup melaksanakan apa-apa, bayi membutuhkan dukungan orang lain terutama dari orang bau tanah untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk mandi dan merawat tali pusar.

1. Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir
Dalam memandikan bayi yang gres lahir tidak sanggup dilakukan secara sembarangan, sebab tulang si bayi masih lunak. Sebagai ibu, seorang perempuan tentunya harus benar-benar paham mengenai cara-cara memandikan bayi agar tidak membahayakan si bayi.

Namun, jikalau Anda belum mengerti perihal memandikan bayi, anda sanggup mengikuti langkah-langkah berikut yang merupakan tata cara dalam memandikan bayi:
  • Siapkan semua hal yang diharapkan untuk memandikan bayi, menyerupai sabun khusus bayi, shampoo khusus bayi, handuk, popok yang higienis dan pakaian ganti untuk bayi yang masih higienis dan letakkan di tempat-tempat yang gampang untuk dijangkau
  • Gunakan air hangat untuk memandikan bayi. Jangan memandikan bayi dengan air cuek sebab tidak baik untuk bayi dan sanggup menciptakan kulit bayi menjadi kering
  • Buka baju bayi dan letakkan bayi dalam posisi yang kondusif agar bayi tidak cedera 
  • Bersihkan wajah bayi dengan memakai kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Basuh bagian-bagian tubuh bayi, jangan lupa untuk memperhatikan tempat lipatan pada bayi
  • Sabuni tubuh bayi dengan sabun khusus untuk bayi
  • Keramasi rambut bayi dengan shampoo khusus untuk bayi
  • Bilas bayi kemudian keringkan dengan handuk
Disamping tata cara memandikan bayi, waktu untuk memandikan bayi juga harus diperhatikan demi menjaga kesehatan bayi. Waktu yang baik untuk memandikan bayi ialah dikala Anda tidak terburu-buru untuk melaksanakan sesuatu dan tidak pula dikala bayi gres simpulan menyusu atau makan.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat
2. Cara Merawat Tali Pusar
Tali sentra ini dipotong oleh dokter dikala bayi gres lahir dan menyisakan tunggul kira-kira panjangnya 1 inchi, dan nantinya akan terlepas sendiri dalam beberapa waktu. Tali sentra yang tidak dirawat dengan baik sanggup mengakibatkan terjadinya infeksi, sehingga sangat penting untuk mengetahu cara-cara dalam merawat tali pusat.

Berikut ini ialah beberapa tips yang sanggup Anda ikuti untuk merawat tali sentra bayi anda:
  • Bersihkan tali sentra secara teratur dan ganti kain kasanya dengan rutin
  • Jangan beri salep atau obat pada tali sentra kecuali atas izin dokter
  • Jaga agar tunggul tali sentra tetap kering dan bersih
  • Biarkan agar tunggul tali sentra lepas dengan sendirinya.
Nah, itulah beberapa cara perihal memandikan bayi serta merawat tali sentra bayi. Semoga sanggup menambah wawasan Anda untuk merawat bayi dalam hal memandikan dan perawatan tali pusat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment